Sosialisasi Deteksi Dini dan Penanganan Konflik di Kecamatan Sugio

Posted By Badan Kesatuan Bangsa dan Politik | 29 November 2022

Kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini dan Penanganan Konflik dilaksanakan pada Selasa (29/11) di Aula Wego Kecamatan Sugio.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lamongan, Zulaekhah, hadir sebagai narasumber, sementara peserta berasal dari tokoh masyarakat Kecamatan Sugio.

Kabid Wasnas dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kab. Lamongan, Choirul Umami, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan harapannya  kegiatan ini bisa menjadi penambah ilmu pengetahuan bersama terkait pencegahan dini konflik sosial di masyarakat serta peningkatan peran vital masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

Selanjutnya dalam penyampaian materi, Zulaekhah menjelaskan bahwa banyaknya permasalahan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita bisa menjadi pemicu terjadinya konflik, baik itu konflik kecil, sedang, maupun berskala besar (nasional). Berbagai konflik tersebut bisa bermuara dari berbagai aspek kehidupan kita semua, baik bersumber dari aspek sosial, ekonomi, politik, agama, maupun budaya.

Deteksi dini merupakan sebuah langkah dan upaya yang perlu digalang di lingkungan sekitar tempat tinggal masyarakat. Hal ini selain berguna sebagai langkah awal untuk mendeteksi adanya permasalahan juga untuk menentukan langkah-langkah dalam menentukan sebuah solusi maupun penyelesaian permasalahan.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya peningkatan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan berkoordinasi dengan seluruh lapisan  masyarakat serta jajaran pemerintahan dalam lingkungan sekitar agar kita bisa lebih peduli dalam menjaga dan berperan aktif dalam menciptakan kestabilan wilayah maupun kondusifitas lingkungan tempat tinggal dari berbagai permasalahan khususnya dari permasalahan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas dalam pencegahan timbulnya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah Kab. Lamongan.