Juli

26

 2022

Cangkrukan Kebangsaan di Kecamatan Bluluk

 bakesbang
 332
 26-Juli-2022

Cangkrukan Kebangsaan hari kesembilan dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bluluk pada Selasa (26/7). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kewaspadaan dini terhadap penyebaran paham-paham intoleransi dan radikalisme di masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab, terdapat pertanyaan mengenai ciri-ciri orang yang terpapar radikalisme dan lembaga pesantren yang santrinya terpapar. Kompol Agus dari Densus 88 menerangkan bahwa ciri-ciri orang yang terpapar tidak bisa dilihat dari bagaimana dia berpakaian, tetapi semua memiliki pemahaman yang sama, yakni ingin mengganti Pancasila dan menjadikan Indonesia menjadi negara Islam. Untuk lembaganya, Densus 88 tidak memiliki hak melabeli karena perlu kehati-hatian dalam penegakkan hukumnya karena rawan dipelintir media.

Pertanyaan lain dari Kades Cangkring yang menanyakan mengenai ormas radikal. Kembali, Kompol Agus menerangkan bahwa Densus 88 tidak bisa menuduh secara langsung, tetapi apabila ormas tersebut mencurigakan maka dapat segera dilaporkan. Kabid Poldagri dan Ormas Kesbangpol, Moch. Suhadi CU, menambahkan juga bahwa untuk proses verifikasi oleh Bakesbangpol, suatu ormas perlu untuk menyertakan surat domisili yang diketahui oleh Kades/Lurah. Selain itu, Bakesbangpol juga selektif dalam memverifikasi ormas-ormas yang kiranya program atau tupoksinya tidak sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Kegiatan Cangkrukan Kebangsaan ini juga berjalan lancar, tertib, dan ditutup dengan Deklarasi Tolak Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023