Juli

25

 2022

JPM se-Jatim Ikuti Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila

 bakesbang
 454
 25-Juli-2022

Anggota Jejaring Panca Mandala (JPM) se-Jawa Timur berkumpul di Hotel Grand Dafam Jl. Kayoon Surabaya guna mengikuti penguatan pembinaan ideologi Pancasila yang diselenggarakan oleh BPIP pada Senin (25/7).

Kegiatan pembekalan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 25 s.d. 27 Juli 2022, dan akan ditutup dengan Deklarasi Jejaring Panca Mandala Provinsi Jawa Timur pada tanggal 28 Juli 2022 di Gedung Grahadi.

Kegiatan dibuka oleh Ir. Prakoso, M.M. selaku Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP. Dalam sambutannya, disebutkan bahwa JPM merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan ideologi Pancasila. Panca berarti lima dan mandala berarti kekuatan.

Penjelasan lebih lanjut disampaikan dalam sambutan Elfrida Herawati Siregar selaku Direktur Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP. Masing-masing unsur memiliki kekuatan tersendiri. Pemerintah memiliki kekuatan politik, akademisi memiliki kekuatan ilmu pengetahuan, pelaku usaha memiliki kekuatan ekonomi, media memiliki kekuatan akses informasi dan masyarakat memiliki kekuatan sosial. Bersama, kelima unsur ini dapat mengisi kekosongan dalam upaya pembumian Pancasila yang selama ini bertumpu pada pemerintah atau top-down menjadi bottom-up.

Di Indonesia, JPM sudah terbentuk di sembilan provinsi, tetapi hanya tiga provinsi yang sudah membentuk hingga tingkat kabupaten/kota. Jawa Timur merupakan salah satu di antaranya. Harapannya, antusiasme yang tinggi tersebut menjadikan JPM dapat berjalan sukses dalam membantu pemerintah dalam upaya-upaya pembinaan ideologi Pancasila dan mendukung kelembagaan ideologi Pancasila di Indonesia.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023