Februari

11

 2021

Ketua FKUB dan Bakesbangpol Kabupaten Lamongan Apresiasi Kerukunan Masyarakat Pelang

 bakesbang
 1482
 11-Februari-2021

 

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamongan KH. Masnur Arief, SH beri apresiasi kepada masyarakat Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan.

 

Hal tersebut disampaikan dalam Focus Group Discussion (FGD) kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang dilaksanakan di Balai Desa Pelang.

 

Desa pelang sendiri memiliki masyarakat yang plural yaitu terdiri dari dua agama Islam dan Kristen.

 

Dalam sambutannya KH. Masnur Arief menyampaikan Negeri ini bisa bersatu dan utuh syaratnya adalah rukun, kita harus mengorbankan kepentingan kelompok dan pribadi demi kepentingan yang lebih besar yaitu persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI.

 

"Apresiasi kepada Masyarakat Desa Pelang karena Pembangunan Toleransi dan Kerukunan sangat positif," ujar KH. Masnur Arief.

 

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan Hari Agus Santa Pramono, S. Sos, Muspika Kecamatan Kembangbahu, serta para tokoh-tokoh agama setempat.

 

Hari Agus menyampaikan bahwa situasi kerukunan di Kabupaten Lamongan cenderung kondusif namun tidak menutup kemungkinan terjadi gejolak-gejolak yang perlu diwaspadai bersama, untuk itu kegiatan FGD semacam ini akan dilaksanakan secara masif dengan lebih mengintensifkan wilayah yang plural.

 

"Memang Desa Pelang ini terdapat dua agama, untuk itu kami ingin mengetahui secara langsung perkembangan situasi keagamaan di Desa Pelang," ujar Hari Agus.

 



Sementara itu para tokoh agama Islam Desa Pelang memiliki harapan besar dalam menjaga kerukunan, mereka memiliki rencana di bulan Ramadan tahun ini, salat tarawih dilaksanakan dengan dua imam, imam yang pertama 8 rakaat dari Muhammadiyah dan yang kedua dilanjutkan dari Nahdlatul Ulama 12 rakaat.

 

Gagasan tersebut pun sangat didukung oleh ketua FKUB, menurutnya hal seperti itu dapat meningkatkan toleransi dan kerukunan di masyarakat.

 

Penulis : Bidang Ideologi, Wasbang dan Ketahanan Eksosbud dan Agama.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023