PUSKESMAS TURI

ANAK PAUD KENAL POLI GIGI

Jumat, 23 September 2022. Jika pada hari biasa Puskesmas Turi dipenuhi dengan antrian pasien rawat jalan, namun pagi itu halaman puskesmas dipenuhi dengan anak-anak dari PAUD BAHRUL ULUM dalam rangka kunjungan dan pengenalan ruangan yang ada di Puskesmas Turi terutama Poli Gigi. 

Acara penyambutan dimulai pukul 08.30 WIB tepat, dimulai dengan penyambutan  Siswa/siswi PAUD di depan Puskesmas Turi, dan Selanjutnya anak-anak di jelaskan letak tiap ruangan yang ada di Puskesmas Turi mulai dari ruang loket, ruang farmasi, ruang laboratorium, kasir, poli umum, poli lansia, poli KB, poli KIA, poli gigi dan area bermain ramah anak. 

Anak-anak di arahkan ke ruang aula untuk diberikan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, cara menggosok gigi yang baik dan benar sesudah sarapan dan sebelum tidur, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Agar anak tidak bosan dengan materi, anak-anak di ajak menonton film animasi dan bernyanyi bersama.

Anak-anak dibimbing menuju ke poli gigi Puskesmas Turi dan ditemani guru serta ustadzah dari sekolah. Mereka secara bergantian masuk untuk diperkenalkan dengan alat-alat yang ada di poli gigi, tujuannya agar mereka tidak takut dengan pemeriksaan gigi dan mulut 

Di ruang gigi, anak-anak diperkenalkan pada profesi dokter gigi yang bertugas untuk memeriksa kesehatan gigi pasien. Bagi anak yang berani menjadi relawan untuk menjadi pasien dipersilahkan duduk di kursi pemeriksaan gigi. Semua terlihat antusias dan gembira.

Pengembangan anak usia dini memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak seperti kedisiplinan, kejujuran, kerjasama juga pertumbuhan serta perkembangan fisik anak, kecerdasan, daya cipta, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Perkembangan anak usia dini, terutama pendidikan karakter merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan. Untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak, anak perlu diajarkan dan dibiasakan menjalankan nilai-nilai tertentu. Salah satunya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan sejak dini termasuk kebersihan gigi dan mulut. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan di kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Tingkat TK dan PAUD. 

Mari wujudkan puskesmas ramah anak.