PUSKESMAS TURI

PENJARINGAN KESEHATAN ANAK SEKOLAH

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD s/d kls 6. 

Puskesmas Turi membentuk tim untuk melakukan kegiatan Screening secara menyeluruh terhadap sasaran semua siswa di SD dan MI di wilayah kecamatan Turi . Adapun proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. 

Apabila ditemukan suatu masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka tindak lanjut dari penjaringan kesehatan ini adalah dengan melakukan rujukan peserta didik ke Puskesmas.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran  peserta didik sejak dini cara hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan dimana pun mereka berada.