PUSKESMAS TURI

PEKAN ASI SEDUNIA ASI EKSKLUSIF MEGILAN LAMONGAN MENUJU ZERO STUNTING

  Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Lamongan ditandai pemberangkatan sebanyak 480  pasukan  ASI Eksklusif Megilan, di Alun-alun Lamongan, Minggu (7/8/2022).  "Ini adalah salah satu diantara banyak cara Pemkab Lamongan mengkampanyekan ASI eksklusif untuk Lamongan menuju zero stunting," kata Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, dr Taufik Hidayat di tengah - tengah kegiatan, Minggu (7/8/2022).  dengan judul Pekan ASI Eksklusif Sedunia, Dinkes Lamongan Kerahkan 480 Pasukan ASI Eksklusif Megilan. 

          Ditambahkan, bahwa beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi promosi dan kampanye melalui media sosial, dan  media elektronik. Selain itu skenario lain adalah kampanye keliling di tingkat kabupaten, yang diikuti 32 Puskesmas dengan masing-masing Puskesmas mengirimkan 15 personel. "Ada juga  senam kesehatan yang meliputi senam cuci tangan, senam ASI eksklusif, dan senam cegah stunting; pemantauan pertumbuhan,  juga konseling gizi gratis," ungkap Taufik Hidayat.

Disampaikan pada bupati yang hadir diacara tersebut, menurut Taufik,  untuk angka stunting secara bulan timbang yang dilakukan di seluruh Lamongan cenderung menurun. Semua hasil pemantauan dan pelaksanaan dalam upaya menurunkan angka stunting sudah dilaporkan melalui aplikasi ke provinsi dan ke  pemerintah pusat. Disebutkan, pada tahun 2020 mencapai 7,1 persen, dan saat ini pada tahun 2021 sudah mencapai 6,32 persen, dan ini akan berlanjut dengan komitmen bersama agar Lamongan menuju zero stunting.