PUSKESMAS TURI

Ayo Sukseskan Three Zero

Sobat Sehat, yuk bersama-sama kita sukseskan "Three Zero"!
.
"Three Zero" maksudnya adalah zero infeksi baru HIV/AIDS, zero kematian akibat HIV/AIDS, dan zero stigma/diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.
.
Zero infeksi baru HIV/AIDS bisa dicapai dengan mengetahui cara penularan HIV/AIDS, sehingga kita bisa menghindarinya.
.
HIV/AIDS hanya bisa menular melalui kontak cairan tubuh seperti sperma lewat hubungan seksual, darah lewat penggunaan jarum suntik, dan kehamilan, persalinan atau menyusui. Seorang ibu yang terinfeksi HIV dan mengandung atau menyusui berisiko tinggi untuk menularkan HIV kepada bayinya. Oleh karena itu, setiap individu juga harus mengetahui status HIV/AIDS-nya, agar saat berkeluarga nanti dapat mencegah anak yang dilahirkan tidak terinfeksi HIV/AIDS.
.
Zero kematian akibat HIV/AIDS bisa dicapai dengan rutin menjalani pengobatan ARV bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Diketahui, obat ARV dapat meningkatkan usia harapan hidup bagi ODHA. ODHA yang meminum obat ini secara rutin juga bisa hidup produktif layaknya orang normal. Obat ARV bisa didapatkan secara gratis di fasilitas pelayanan kesehatan.
.
Zero stigma dan diskriminasi terhadap ODHA bisa dicapai dengan mengetahui cara penularan HIV/AIDS. Penting diketahui bahwa HIV/AIDS tidak bisa menular hanya dengan aktivitas sosial, seperti bersentuhan kulit, gigitan nyamuk, memakai toilet yang sama dengan ODHA. Oleh karena itu, yang perlu dijauhi adalah penyakitnya, bukan penderitanya!