PUSKESMAS KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 18 Juli 2024

KEGIATAN INOVASI "PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN (PERAWATAN KELUARGA RAWAN KE RUMAH PASIEN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN)"

KEGIATAN INOVASI "PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN (PERAWATAN KELUARGA RAWAN KE RUMAH PASIEN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN)"

Pelayanan Kesehatan bagi Keluarga Rawan dengan mengoptimalkan pada peningkatan kemandirian dengan cara berkunjung ke rumah pasien ( PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN ) saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat dengan beberapa kasus yang sering ditemui adalah kesibukan yang tinggi dari keluarga menyebabkan hanya sedikit waktu yang dapat diberikan kepada pasien.

PERAWAN KEREN ini mempunyai sasaran Resti yang ada di wilayah kerja Puskesmas Karanggeneng dimana mereka tidak perlu berkunjung ke Puskesmas secara rutin akan tetapi tenaga dari kesehatan puskesmas karanggeneng yang akan berkunjujung ke rumah pasien dan melakukan pemeriksaan dan perawatan,jadi mereka akan tetap aman di rumah,tapi kesehatan tetap terkontrol dan bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan secara rutin,sehingga tidak ada keterlambatan dalam therapi juga perawatan. Selain Pelayanan bagi keluarga rawan juga di lakukan pemberian vaksinasi dengan mendatangi ke rumah pasien yang memiliki resti,disabilitas,juga Lansia yang memiliki keterbatasan.

Program PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN ini mempunyai sasaran Resti yang ada di wilayah kerja Puskesmas Karanggeneng dimana mereka tidak perlu berkunjung ke Puskesmas secara rutin akan tetapi tenaga dari kesehatan puskesmas karanggeneng yang akan berkunjujung ke rumah pasien dan melakukan pemeriksaan dan perawatan hingga mencapai kemandirian KM IV. Bisa ditarik kesimpulan bahwa Inovasi PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN ini bila dilaksanakan dengan baik akan berpengaruh signifikan,masyarakat bisa mandiri hidup sehat.Bisa mewujudkan tujuan dari Pelayanan Kesehatan dalam berbagai program kesehatan yang telah dikembangkan dalam pelayanan kesehatan di rumah (home care )

PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN merupakan Inovasi asli Puskesmas Karanggeneng, Tujuan dari PERAWAN KEREN MAKAN DURIAN adalah memandirikan masyarakat untuk hidup sehat. Guna mewujudkan tujuan dari Pelayanan Kesehatan tersebut,berbagai program kesehatan telah dikembangkan dalam pelayanan kesehatan dengan berkunjung ke rumah Pasien atau kunjungan rumah (home care ). Dalam memberikan perawatan dengan berkunjung ke rumah pasien ( Home Care) terutama dengan Keluarga Rawan dengan Resti.Diwilayah Karanggeneng tahun 2022 terdapat sejumlah 105 Keluarga Rawan Resti dari total 437 Keluarga Rawan, dan terdapat 2 angka kematian pada tahun 2022. Inovasi Perawatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di bidang Home Care yaitu kita mengadakan Pelayanan Keluarga Rawan dengan mendatangi pasien ke rumah rumah mulai Bulan Maret Tahun 2020 sampai saat ini. Langkah strategis yang ditetapkan adalah bekerjasama