DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 04 Desember 2023

Fasilitasi Perizinan dan Kolaborasi Strategis: Upaya Dinas Koperasi Lamongan untuk Meningkatkan Kualitas UMKM Makanan dan Minuman

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan menjalankan program penting dengan mengadakan kegiatan fasilitasi perizinan dan kolaborasi strategis. Acara yang dibuka oleh Ibu Etik Sulistyani, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, dan diteruskan oleh Bapak Satriyo Wibowo, ST., MM, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, ini juga melibatkan kerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi dan BPR UMKM Jatim Cabang Lamongan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman di Lamongan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar kegiatan fasilitasi perizinan. Program ini menjadi wujud konkret dari komitmen Dinas Koperasi dalam mendukung pertumbuhan UMKM di wilayahnya.

Ibu Etik Sulistyani, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, membuka kegiatan ini dengan memberikan arahan dan dorongan kepada para pelaku UMKM. Beliau menyoroti pentingnya perizinan dalam memastikan standar kualitas produk dan meningkatkan daya saing di pasar.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan pihak internal Dinas Koperasi, melainkan juga melibatkan mitra strategis, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi dan BPR UMKM Jatim Cabang Lamongan. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan panduan dan bimbingan yang komprehensif kepada pelaku UMKM.

Bapak Satriyo Wibowo, ST., MM, dalam sambutannya, menjelaskan rangkaian upaya yang telah dilakukan oleh Diskopum Kabupaten Lamongan dalam mendukung UMKM makanan dan minuman. Mulai dari fasilitasi akses pembiayaan, sertifikasi halal, hingga PIRT dan pelatihan lainnya.

Dengan melibatkan lebih kurang 30 peserta, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang berharga bagi para pelaku UMKM. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan berkomitmen untuk terus menjadi fasilitator yang mendukung pertumbuhan dan peningkatan mutu produk UMKM di wilayahnya.