KECAMATAN SOLOKURO

Artikel Kecamatan Solokuro

PERESMIAN LUMBUNG PANGAN DI SOLOKURO

Dalam Upayanya mengatasi terjadinya kekurangan pangan Pemerintah Kabupaten Lamongan telah membangun beberapa lumbung pangan. Salah satu lumbung pangan yang telah dibangun dan diresmikan Bupati Lamongan terletak di Desa Solokuro Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Bupati Lamongan Bapak Dr. H. Yuhronur Efendi,MBA pada hari Selasa Tanggal 14 Desember 2021 meresmikan sekaligus menyerahkan hibah lumbung pangan kepada masyarakat desa Solokuro.Program ini bertujuan untuk memajukan pangan yang telah disosialisasikan kepada masyarakat khususnya di daerah pedesaan sekaligus mempertahankan dan meningkatkan status Kabupaten Lamongan sebagai penghasil pangan terbesar di Jawa Timur. Selain hal tersebut program ini juga untuk meningkatkan kemandirian pangan, membangun ekonomi disektor pertanian, memenuhi pangan daerah miskin, percepatan keanekaragaman konsumsi pangan, optimalisasi pekarangan dan pengembangan usaha industri pengolahan tanaman lokal. Dengan keberadaan lumbung pangan tersebut, akan ada lembaga di tingkat Desa yang bisa berperan sebagai tempat untuk menyimpan hasil panen sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di musim kemarau atau saat ada musibah (Paceklik). selain meresmikan lumbung pangan di desa Solokuro Bupati Lamongan juga meninjau kegiatan pemberian BLT DD di Desa Payaman Kecamatan Solokuro

Selengkapnya
SOLOKURO AKAN MENJADI SENTRA BUAH DURIAN DI LAMONGAN

Pemerintah Kabupaten Lamongan akan mengembangkan sentra Pertanian Buah durian di Kecamatan Solokuro Khususnya di Desa Sugihan .Dalam beberapa Tahun ini di desa Sugihan sudah berhasil Panen Raya buah durian dan selama ini masih kualahan dalam memenuhi permintaan pasar. Untuk itu kedepan Pemerintah Kabupaten Lamongan sesuai instruksi Bupati Lamongan Bapak Dr.H. Yuhronur Efendi, MBA akan mengembangkan sentra Pertanian buah Durian di wilayah Kecamatan Solokuro.Saat ini di Desa Sugihan terdapat Lebih dari 2000 Pohon Durian dan 700 Pohon akan siap panen sekitar Bulan Pebruari atau Maret Tahun 2022. Tahun Depan akan diadakan wisata Petik Buah Durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro. Selain Buah Durian di Desa Sugihan juga terdapat sentra Pohon Belimbing, Kelengkeng, Buah Naga, dan Pohon Rambutan. Camat Solokuro Bapak Sami'an,SE,MM mengungkapkan bahwa saat ini desa sekitar Sugihan juga telah mengembangkan Penanaman Pohon Durian diantaranya desa Tebluru Dadapan yang diharapkan mampu menopang sentra durian Montong di Kabupaten Lamongan.Kunjungan Muspika Kecamatan Solokuro di Lokasi Sentra Perkebunan duren d Desa sugihan diharapkan mampu memacu motivasi warga setempat untuk lebih giat dalam mewujudkan program Wisata Kebun duren ini.

Selengkapnya
SILATURAHMI BUPATI LAMONGAN DENGAN WARGA SOLOKURO

Dalam rangka menjalin Silaturahmi dengan warga Solokuro, Bupati Lamongan Bapak Dr.H.Yuhronur Efendi,MBA bersama Wakil Bupati Lamongan Bapak Drs.KH. Abdul Rouf, M.Ag mengadakan Silturahmi dengan Muspika Kecamatan Solokuro, Kepala Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Solokuro. Acara ini diadakan pada hari Jum'at tanggal 7 Mei 2021 di Pendopo Kecamatan Solokuro dengan Protokol Kesehatan yang Ketat dan acara dipersingkat hingga menjelang magrib. Bapak Bupati meminta dukungan masyarakat Solokuro dalam menjalankan Visi dan Misi Pemerintahan Kabupaten Lamongan. Karena tanpa dukungan segenap Masyarakat Pemerintah Kabupaten Lamongan tidak akan mampu menjalankan program program yang telah direncanakan.  ( Suport Visi Misi Pak Bupati)

Selengkapnya