BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN

Arsip Artikel

Entaskan Kemiskinan, Yes Lakukan Konsolidasi dengan BPS

Demi mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan, Bupati Lamongan Yes bersama Wabup Abdul Rouf terus melakukan konsolidasi bersama OPD-OPD  terkait untuk mendapatkan berbagai aspirasi terkait penyusunan RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Kali ini Bupati Yes mengunjungi Badan Pusat Statistik untuk melakukan konsolidasi bersama terkait pegentasan kemiskinan yang menjadi prioritasnya, Rabu (28/4).Melalui konsolidasi yang terus dilakukan ini, Bupati menginginkan kerjasama yang baik dengan BPS, terutama indikator-indikator yang akan dijadikan RPJMD. Kedatangannya ke BPS diharapkan mendapatkan titik terang. “Beberapa hari kemarin saya keliling-keliling, intinya konsolidasi terutama terhadap indikator-indikator yang akan dijadikan RPJMD ini. selain itu kita akan menyusun apa-apa yang akan kita pecahkan bersama. Saat ini kita bersama BPS untuk melakukan konsolidasi  terkait pengentasan kemiskinan. Kita ingin nanti apa kira-kira langkah yang harus kita lakukan,” ucap Bupati Yes. Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Agus Puji Raharjo mengungkapkan dukungannya atas dilibatkannya BPS Lamongan dalam kolaborasi terhadap pencapaian visi dan misi Bupati Lamongan yakni terwujudnya kejayaan Lamongan yang  berkeadilan. Seperti keinginan Bupati, lanjut Agus, pihaknya akan melakukan kajian mendalam terhadap indikator-indikator sehingga ditemukan indikator yang dapat mengungkit peningkatan terhadap Indek Pembangunan Manusia (IPM) terutama penentasan kemiskinan di Lamongan. “Perlunya kajian mendalam terhadap semua indikator terkait kemiskinan, seperti tingkat pendidikan, disitu kita lihat terkait latar belakang pendidikannya, sosialnya, ekonominya dalan lain-lain. Sehingga kita temukan penyebabnya,” tutur Agus. (PROKOPIM)

Selengkapnya
Ciptakan Kebiasaan Anak Berprestasi

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf membuka acara Sab’ah Lomba Virtual yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Lamongan, Rabu (28/4) di SDN 4 Made. Sab’ah lomba virtual ini dilaksanakan dalam rangka pekan ketrampilan dan seni pendidikan agama islam (Pentas PAI).Diungkapkan Bupati YES, tantangan ke depan dalam bidang pendidikan anak akan semakin besar. Anak lebih dekat dengan kemajuan teknologi, lebih mudah mengakses banyak hal melalui gadget, yang ini tentu membutuhkan pendampingan lebih. Selain itu, adanya gerakan radikalisme yang sebagian besar didominasi oleh generasi milenial juga menjadi tantangan bersama untuk guru dan orang tua.“Saya berterimakasih, khususnya untuk KKG PAI Lamongan yang sudah menyelenggarakan sab’ah lomba virtual ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Ini juga merupakan usaha untuk menciptakan kebiasaan untuk anak-anak berkompetisi dan berprestasi, serta meningkatkan spriritualitas anak,” ucap YES.YES juga mengapresiasi usaha KKG PAI untuk mendorong anak didik melakukan hal-hal baik secara spiritual. Menurutnya dengan anak belajar menghafal AL-Qur’an maka secara tidak langsung hal tersebut dapat memperkuat benteng keimanan mereka.Selain itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Moh. Nalikan mengungkapkan bahwa masa pandemi ini membuat guru semakin kreatif dan inovatif. “Di masa pandemi, guru ini semakin kreatif dan inovatif, utamanya dalam menggunakan teknologi informasi dan media dalam mensosialisasikan pembelajaran. Murid juga, adanya Gerlam Sesaku juga mampu menciptakan budaya membaca. Pandemi bukan halangan untuk berkarya, akan tetapi tantangan yang harus ditundukkan,” kata Nalikan. Adapun jenis lomba yang dikompetisikan dalam sab’ah lomba virtual ini meliputi Pildacil, Pidato Bahasa Arab, MTQ, dan Tahfidz Al-Qur’an.”(PROKOPIM)

Selengkapnya
YES Ajak Jama’ah Masjid Al Falah Doakan Awak KRI Nanggala 402

Bertempat di Masjid Al Falah Desa Menongo Kecamatan Sukodadi, Selasa (27/4) Bupati Lamongan Yes dalam kunjungan kerjanya mengajak seluruh Jama’ah turut mendoakan seluruh personel awak KRI Nanggala 402 terkhusus Klk Edi Siswanto, putra terbaik Lamonan yang dinyatakan gugur saat menjalankan tugas sebagai personel TNI AL di laut utara pulau Bali pekan lalu. “Bapak Ibu sedoyo, monggo sareng-sareng kita doakan personel awak kapal KRI Nanggala 402 khususipun yang disitu ada putra terbaik kita, Klk Edi Siswanto yang gugur saat menjalankan tugasnya. Mugi-mugi amal ibadahnya diterima Allah SWT. Al Fatihah,” ucap Yes.Dalam kunjungan kerja dan silaturrahmi yang turut di dampingi Wabup Abdul Rouf beserta seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan, tak henti-hentinya Yes terus mengajak seluruh masyarakat agar saling mengingatkan akan pentingnya menjaga disiplin protokol kesehatan. Kabupaten Lamongan saat ini berada pada zona kuning, dengan 21 kasus aktif. Harapan Yes kedepanya dengan dukungan dan ikhtiar bersama dapat berganti zona hijau dan Virus Covid-19 dapat tertangani“Meskipun di Kabupaten Lamongan saat ini hanya ada 21 kasus aktif, tak lantas membuat kita lengah. Saling mengingatkan satu sama lain, saya minta untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer dan menjaga jarak meskipun saat beribadah dan tak kalah pentingnya yakni menjaga kebersihan lingkungan aga tetap sehat,” tuturnya. Yes juga mengungkapkan terkait komitmennya pada penuntasan program kerja 100 hari pertama untuk mencapai visi Kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Ia dan Kyai Rouf terus berusaha untuk mengupayakan agar kedepannya bisa terlaksana infrastruktur yang merata, pendidikan yang berkualitas dengan pemberian beasiswa bagi yang berprestasi dan kurang mampu, perbaikan pelayanan kesehatan dan pelayanan publik yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. “Saya dan Kyai Rouf terus mengupayakan mewujudkan kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Apa itu? Yakni terwujudnya masyarakat yang sejaktera lahir maupun batin. melalui pemerataan perbaikan infrastruktur, pendidikan merata artinya seluruh anak-anak Lamngan dapat sekolah dengan layak. Pelayanan kesehatan yan berkualitas serta pelayanan publik yang memudahkan masyarakat,” Pada kesempatan tersebut, selain meninjau stand UMKM yang menjual aneka ragam produk olahan masyarakat setempat, Yes mennyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak yatim piatu, serta sembako kepada masyarakat. Yes turut meminta support dan doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lamongan Agar dapat mewujudkan cita-cita kejayaan Lamongan yang berkeadilan.”(PROKOPIM)

Selengkapnya
Peringatan Hari Otda Ke-25

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi secara virtual hadir dalam Peringatan Hari Otda (Otonomi Daerah) Ke-25. Hari Otda, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 diperingati setiap tanggal 25 April.Mengusung tema bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi covid-19, untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit, dan Indonesia maju, momentum peringatan otda ini bertujuan untuk mengingatkan komitmen bersama membangun pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga meresmikan 3 aplikasi otda berbasis elektronik, yakni Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (E-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (SiLPPD). Otonomi daerah sendiri merupakan hak, wewenang, dan kewajiban yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.”(PROKOPIM)

Selengkapnya
Support Keluarga Klk Edi Siswanto, Bupati Yes Datangi Rumah Duka

Duka mendalam tampak dirasakan keluarga besar Kelasi Kepala (Klk) Edi Siswanto, salah satu dari 53 personel awak KRI Nanggala 402 yang dinyatakan gugur sejak hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021  pukul 03.46 WITA di perairan laut utara pulau Bali.  Begitu mengetahui salah satu korbannya adalah warganya, Bupati Lamongan Yes bersama Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Letkol Inf. Sidik Wiyono langsung mengunjungi kediaman keluarga besar di Desa Sumberaji Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan Senin (26/4) siang. Kepada pihak keluarga Bupati Yes menyatakan support dan dukungannya kepada keluarga atas insiden yang dialami Klk Edi Siswanto. “Saya mewakili segenap jajaran pemerintahan serta masyarakat Lamongan turut berduka cita, apapun yang terjadi terhadap Klk Edi Siswanto semoga keluarga diberi yang terbaik, kedatangan kami kemari untuk memberikan support dan dukungan kepada keluarga” ungkap Bupati Yes dihadapan keluarga korban.Upaya pencarian korban dan pengangkatan KRI Nanggala 402 terus diupayakan hingga sekarang, Yes turut berharap agar mendapat hasil yang terbaik. “Upaya pencarian sampai saat ini masih terus terus dilakukan. Saya turut mendokan mudah-mudahan di beri yang terbaik, kami tetap percaya semoga mendapat hasil terbaik,” imbuhnya. Sementara itu, dari pihak keluarga mengungkapkan, tidak ada firasat apapun mengenai apa yang terjadi terhadap Klk Edi Siswanto. Serma Sukirman yang merupakan kakak kandung korban masih terus berharap Klk Edi Siswanto dapat ditemukan. “Tidak ada firasat apapun, santai seperti biasanya, tidak ada firasat apapun mengenai adik saya. Saya sebagai masnya berharap yang terbaik. Walau dinyatakan gugur, kami berharap jasadnya segera ditemukan, supaya bisa kami makamkan. Hingga saat ini kami masih terus mengikuti perkembangan,” ucap Sukirman yang didampingi istri Klk Edi Siswanto, Nia Sri Ekawati beserta keluarga besarnya.Kepada Bupati, atas nama keluarga, Sukirman mengungkapkan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Bupati Yes kepada adiknya. “Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati, Bapak Kapolres dan Pak Dandim yang telah dating ke kediaman kami. Turut nyuwun doanya untuk adik saya. Semoga diberikan yang terbaik oleh Allah,” tuturnya. (PROKOPIM)

Selengkapnya
Apel Gelar Pasukan Pengamanan Larangan Mudik Lebaran 1442 H

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memimpin apel gelar pasukan dalam rangka apel kesiapan pengamanan larangan mudik hari raya Idul Fitri 1442 H, Senin (26/4), di Mapolres Lamongan. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung pengamanan, sehingga larangan mudik dapat berjalan dengan optimal, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pertambahan angka penyebaran covid-19.Sebagaimana yang diketahui, pelarangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H telah resmi diberlakukan setelah dikeluarkannya addendum surat edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran covid 19 selama bulan Ramadhan 1442 H.Dalam rangka mendukung kebijakan pelarangan mudik tersebut, disampaikan YES bahwa Polda Jatim telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain operasi keselamatan semeru mulai tanggal 12 s/d 25 April, melaksanakan giat KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) mulai tanggal 26 April s/d 5 Mei 2021 dengan tujuan untuk melakukan penyekatan di beberapa lokasi perbatasan baik di kabupaten/kota maupun provinsi.YES menambahkan bahwa puncak dari kegiatan dukungan Polda jatim terkait pelarangan mudik ini adalah pelaksanaan operasi ketupat semeru 2021, dengan menyiapkan 7 titik antar provinsi. Selain itu, jajaran Polda Jatim dan Satwil menyiapkan 20 titik penyekatan yang dibagi menjadi 7 rayon. Dari kegiatan tersebut diharapkan mampu meminimalisir bahkan meniadakan kegiatan rencana mudik demi pencegahan penularan covid-19. “Mari kita dukung kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dengan mengoptimalkan pengamanan. Saya harap kita bersabar dan legowo untuk tidak mudik dulu tahun ini. Semoga tahun depan semuanya sudah membaik, dan kita dapat berkumpul kembali bersama keluarga,” tambah YES.”(PROKOPIM)

Selengkapnya