KECAMATAN KEDUNGPRING

HJL 452

HJL 452: BANGKIT BERSAMA MENUJU KEJAYAAN


Kedungpring (26/05)- Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Bangsa yang besar tidak melupakan sejarahnya. Generasi yang tangguh tidak akan melupakan akar budaya dan sejarah pendahulu-pendahulunya. Generasi yang maju akan bersatu padu, bersama-sama berkontribusi menuju kejayaan bangsanya.

Sejalan dengan hal itu, Bupati Lamongan DR. H. YUHRONUR EFENDI, MBA menetapkan tema Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-452 ini yaitu “Bangkit Bersama Menuju Kejayaan”. Sosok yang akrab disapa pak YES tersebut menegaskan bahwa momen HJL 452, harus jadi momentum melihat jati diri Kabupaten Lamongan, jati diri kita, darimana kita, ke arah mana yang akan kita bawa. Apa yang telah dilakukan pendahulu-pendahulu akan menjadi keteladanan, contoh, motivasi, tekad semua untuk membawa Kabupaten Lamongan ini menuju ke arah yang lebih baik, menjemput kejayaan.

“Mari kita jadikan setiap peringatan Hari Jadi Lamongan ini untuk mendapatkan kembali skill, motivasi, dan tekad bagi kita semuanya untuk membangun Lamongan menuju kejayaan. Saya yakin dengan kebersamaan yang selalu saya sampaikan, semuanya ini akan bisa kita raih,” tegasnya.

Perlu diketahui, bahwa peringatan HJL berawal saat Mbah Lamong (Ranggahadi) diwisuda oleh gurunya Sunan Giri II pada 10 Dzulhijjah 976 H/ 26 Mei 1569. Mbah Lamong merupakan murid kesayangan Sunan Giri II, karena jasa dan keteladanannya dalam melaksanakan dakwah. Mbah Lamong kemudian diberi gelar Tumenggung Surajaya. 

Sebutan Mbah Lamong, sendiri diberikan berkat kebaikan dan keuletannya dalam mengasuh atau mengajarkan segala bidang, yang kemudian hari menjadi cikal bakal nama Kabupaten Lamongan. Dalam bahasa jawa kuno, Lamong berasal dari kata “La/Ra” yang artinya baik dan “Mong” yang artinya among, momong. Jika dijabarkan Lamong memiliki arti pamong yang baik, sebagaimana keteladanan yang diberikan oleh Ki Ranggahadi.

Semoga HJL ke-452 ini menghantarkan masyarakat Lamongan untuk bersatu padu, membawa Lamongan Menuju Kejayaan yang Berkeadilan, Aamiin. (Nk14)