Berita RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NGIMBANG

SAMBATE SI MAK (Sistem Pelaporan Pemeliharaan dan Perbaikan Terintergrasi SIM Rumah Sakit)

Inovasi ini selaras dengan kategori kesehatan pada SINOLLA 2022. Sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan harus dapat menunjang pelayanan kesehatan. Kualitas sarana prasarana di rumah sakit dapat mencerminkan mutu pelayanan di rumah sakit tersebut. Perbaikan dan pemeliharaan sarana prasarana merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas pelayanan sesuai standar. SAMBATE SI MAK hadir untuk memastikan bahwa sarana dan prasarana yang ada di RSUD Ngimbang selalu dalam keadaan siap dan layak pakai.


SAMBATE SI MAK merupakan inovasi terobosan dari IPS RSUD Ngimbang yang dirancang sejak Juni 2019. Inovasi ini lahir untuk memperbaiki sistem pelaporan kerusakan sarana prasarana yang tadinya manual menjadi computerized melalui SIMRS. 

Pemanfaatan SIMRS selain sebagai media komunikasi pelaporan juga merupakan wadah dokumentasi permasalahan, pemeliharaan, dan perbaikan yang dilakukan Tim IPSRS. Penambahan warning system berupa alarm ditambahkann agar komplain yang masuk segera dapat ditanggapi oleh Tim IPSRS. Warning system ini juga sebagai pengingat penjadwalan kalibrasi alat (pemeliharaan) di tiap-tiap unit.