Agustus

09

 2024

Bus Transjatim Koridor IV Mulai Beroperasi, Gratis Hingga 17 Agustus

 prokopim
 163
 09-Agustus-2024

Bus Transjatim Koridor IV rute Terminal Bunder Kabupaten Gresik hingga Pelabuhan Paciran Kabupaten Lamongan, Jum'at (9/8) diresmikan Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Alun-alun Lamongan. Peresmian ini sebagai tanda mulai beroperasinya Bus Transjatim Koridor IV. Diungkapkan beliau, Bus Transjatim ini akan beroperasi secara gratis selama 9 hari mulai hari ini hingga 17 Agustus nanti, hal tersebut sebagai kado bagi masyarakat Lamongan dan Gresik dalam menyambut Hari Kemerdekaan.


Menurut Adhi Karyono, operasional  Bus Transjatim merupakan bagian dari sistem transportasi publik dalam Program Sustainable Urban Mobility Plan Pemprov Jatim, dimana Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan) plus Jombang akan terhubung dengan transportasi publik yang modern dan menggunakan sistem digital.


"Alhamdulillah kita tadi sudah siap, akan beroperasi mulai hari ini, dan sebagai kado ulang tahun kemerdekaan bagi masyarakat Lamongan dan Gresik, tentunya di hari kemerdekaan ini sampai nanti tanggal 17 Agustus dioperasikan dengan ongkos yang gratis. Kalaupun sudah normal beroperasi setelahnya, ongkosnya hanya Rp. 5.000 untuk penumpang umum dan Rp. 2.500 untuk santri, siswa, dan pelajar. Ini jauh kalau kita lihat standar ongkos sebenarnya sekitar Rp. 20.000 atau Rp. 15.000," terang Adhy Karyono.


Pada kesempatan tersebut selain diresmikan 15 Bus Transjatim Koridor IV, juga diluncurkan 1 koridor untuk Bus Transjatim Luxury berkelas bisnis untuk para pekerja dengan ongkos Rp. 20.000 dengan kualitas dan kenyamanan di atas Transjatim biasa. 


Selain itu, keuntungan menggunakan Transjatim adalah tiket penumpang masih dapat digunakan dalam kurun waktu 2 jam. Karena sudah terkoneksi secara digital, penumpang dapat melakukan pemesanan tiket, mendeteksi keberadaan bus, waktu kemungkinan sampai, jumlah penumpang (penuh atau masih tersedia kursi) melalui aplikasi TRANSJATIM-AJAIB.


"Mudah-mudahan adanya Transjatim ini bisa mengurangi kepadatan jalan, mengurangi kecelakaan, mengurangi emisi gas buang, dan berikutnya pasti membuat ekonomi bergerak lebih baik lagi," imbuhnya.


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyambut baik hadirnya Transjatim Koridor IV di Lamongan. Menurut beliau, ini merupakan momen bersejarah bagi Lamongan, juga upaya Pemprov Jatim untuk menghadirkan transportasi umum yang murah, aman, dan nyaman. Adanya Transjatim ini tentu akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Lamongan, baik itu dari sektor pariwisata UMKM, dan sektor lainnya.


"Harapan kami kedepannya, semoga Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat terus mengembangkan Transjatim ini untuk koridor-koridor selanjutnya, yang dapat menghubungkan wilayah Kabupaten Lamongan dengan wilayah Kabupaten Mojokerto  dan jika memungkinkan maka mohon dapat diperlancar serta diperluas juga jalur Lamongan menuju pelabuhan ASDP di Paciran," harap Pak Yes.


Hadir pula dalam kesempatan tersebut Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Suharto. (dir)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023