Juli

25

 2024

399 Wisudawan SOTH Siap Menjadi Role Model Pengasuhan

 prokopim
 171
 25-Juli-2024

Sebanyak 399 orang tua di Lamongan berhasil lulus dan diwisuda dari program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), Kamis (25/7) di Aula Gajah Mada Pemkab Lamongan. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap para wisudawan dapat menerapkan praktik baik pengasuhan anak sekaligus menjadi role model bagi orang tua lain di lingkungannya.


"Tugas orang tua hebat tidak akan pernah selesai untuk menciptakan generasi-generasi emas bagi Indonesia Emas yang akan datang. Mulai dari ibu hamil kemudian melahirkan, menjadi anak-anak, remaja menjadi dewasa menjadi calon pengantin, tentu ini terus tugas orang tua terutama orang tua hebat ini supaya terus mendampingi anak-anaknya," ucap Pak YES.


Wisudawan SOTH Angkatan IV ini berasal dari 15 desa yang tersebar di 8 kecamatan di Lamongan. Sebelumnya para peserta mengikuti program SOTH selama 5 bulan, dengan total 14 pertemuan, yang membekali pengetahuan dan keterampilan tentang perencanaan hidup berkeluarga, pendidikan, pola asuh anak, pembentukan karakter anak, kesehatan dasar, hingga pemenuhan gizi anak usia dini.


"Keterampilan parenting nantinya bisa diaplikasikan di masyarakat. Kita tahu keluarga milenial memerlukan role model dan pendekatan baru tentang pengasuhan balita," ungkap Aini Mas'idha, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lamongan.


Ada yang istimewa pada Angkatan IV SOTH ini, yakni untuk pertama kalinya, SOTH dibiayai penuh menggunakan dana desa. Dikatakan Bupati YES, hal ini merupakan sesuatu yang layak diapresiasi, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Desa dalam upaya menciptakan generasi yang berkualitas.


"Terima kasih Pak Kades, Bu Kades, yang mempunyai inisiatif, karena tentu ini memberikan ilmu yang bermanfaat. Jadi, Desa selain memberikan sembako, juga ilmu," tutur Pak YES.


Siti Mukaromah, salah satu wisudawan asal Ngimbang, merasa bersyukur telah mengikuti SOTH. Menurutnya, SOTH sangat bermanfaat dalam membantu proses tumbuh kembang anak.


"Berharap bisa dipraktekkan kepada anak kita, bisa mensosialisasikannya kepada keluarga, kerabat, dan masyarakat, demi terciptanya generasi yang berkualitas, beriman, dan bertakwa. Orang tua merupakan contoh pada putra-putrinya. Jika orang tua itu hebat Maka insya Allah anak-anak kita juga hebat," ucap Siti bangga.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023