Juli

20

 2024

Elok dan Menawan, Ragam Kreasi Batik dalam Sendangagung Batik Fashion 2024

 prokopim
 174
 20-Juli-2024

Desa Sendangagung, Paciran, kembali menyuguhkan kekayaan budaya batiknya melalui Sendangagung Batik Fashion 2024, Sabtu (20/7), di Watungkal Edupark Sendangagung. Lenggok model memperagakan aneka kreasi batik yang tampak elok dan menawan karya desainer dan pembatik lokal. Hadir menyaksikan, Bupati YES mengapresiasi keberhasilan Sendangagung dalam mem-branding diri sebagai sentra batik nasional.


“Batik Sendangagung sudah punya brand sendiri, sudah menasional. Sendangagung adalah batik, batik adalah Sendangagung,” ucap Pak YES bangga.


Dikatakan Bupati YES, selain memiliki nilai seni, batik juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Banyak nilai-nilai luhur yang tergoreskan dalam setiap motif batik. Oleh karena itu, batik perlu terus dilestarikan.


“Tentu ini luar biasa, membatik perlu keterampilan, penuh nilai seni dan budaya yang tinggi. Warisan leluhur yang harus kita jaga sehingga apa yang disampaikan leluhur kita terus lestari sampai kapan pun,” tutur Pak YES.


Sendangagung Batik Fashion 2024 memperebutkan Piala Bupati, Piala Camat, dan Piala Kades. Diikuti model dari berbagai kota se-Jawa Timur, terdapat tiga kategori yang dilombakan, yakni tingkat SD/MI, SMP/MTS dan SMA, serta Kategori Umum. Tak hanya peserta lomba, UMKM batik di Sendangagung juga ikut unjuk produknya melalui pameran dan juga peragaan oleh model.


Desa Sendangagung juga terus berinovasi dalam mengembangkan produk batik, baik dari segi desain maupun motif. Seperti pada malam ini, diluncurkan oleh Bupati YES 3 motif baru Batik Sendangagung, yakni motif Tari Rahayuning Sendangagung, Sego Langgi, dan Rontal. Terinspirasi dari kekayaan lokal Desa Sendangagung, motif ini merupakan tiga karya terbaik dari lomba desain batik yang digelar pada April lalu.


“Event ini untuk meningkatkan kapasitas UMKM yang ada di Sendangagung, memperluas wawasan UMKM, dan memperbanyak pengalaman UMKM yang ada di Sendangagung. Launching produk batik terbaru untuk Pemkab Lamongan ini kontribusi Sendangagung agar Lamongan jadi semakin megilan,” terang Panut Supodo, Kepala Desa Sendangagung. (xcl)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan  Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur
prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023