Desember

20

 2023

Perkuat Peran Ulama dalam Menjaga Persatuan Masyarakat

 prokopim
 82
 20-Desember-2023

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf menghadiri Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamongan, Rabu (20/12), di Pendopo Lokatantra. Musyawarah yang diikuti oleh Pengurus MUI Lamongan, serta para Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan se-Kabupaten Lamongan ini digelar guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program-program MUI yang telah direncanakan.

Membuka kegiatan, Wabup Rouf berpesan mengenai peran penting Ulama dan MUI sebagai mitra strategis Pemerintah dalam menjaga persatuan masyarakat.

“Ulama memiliki peran sebagai pemersatu umat. Persatuan umat ini takkan terwujud tanpa berpegang teguh pada Al-Quran dan As-Sunnah. MUI sebagai organisasi mampu menjadi mediator agar konflik sosial dapat dicegah dan diselesaikan” tambahnya.

Wabup Rouf berharap Muskerda ini mampu melahirkan berbagai solusi utamanya untuk menguatkan peran MUI dalam menghadapi berbagai tantangan, seperti ideologi-ideologi islam transnasional.

“Terutama pada masa seperti ini memasuki tahun politik menjelang Pemilu 2024, kerap muncul politik identitas berbasis agama yang berpotensi akan menciptakan jurang pemisah antar kelompok umat beragama di Indonesia. Saya percaya bahwa MUI sebagai mitra pemerintah akan mampu menjaga keutuhan bangsa,” pungkasnya.


Sementara itu, perwakilan MUI Provinsi Jawa Timur, Drs. Saifudin Zaini, M.Pd., turut menyampaikan pesan yang sama mengenai pentingnya menjaga kerukunan di masa Pemilu.

“Umat kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Jangan sampai karena Pemilu, orang tua dan anak geger, tetangga geger. Maka, tujuan Muskerda ini salah satunya adalah mencegah hal itu terjadi,” ucap Saifudin.

Diterangkan oleh Ketua Panitia, M. Ma’sum Luthfillah, M.Pdi., Muskerda kali ini mengangkat tema Peran Penting Ulama dalam Menjaga Ukhuwah Menyongsong Pemilihan Umum Tahun 2024 Yang Jujur Dan Adil.

“Pada rapat ini akan dibahas program-program dari setiap komisi yang berkaitan dengan tema tersebut,” jelasnya. (xcl)

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan

Kontak

Jl Basuki Rahmat No 1 Lamongan 

Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan Lt 2 Sayap Timur

prokopim@lamongankab.go.id
(0322) 321171

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Lamongan 2023