PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM

BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS SDM


Pagi ini Jum’at, 20 November 2020 Bimtek Pengembangan Kapasitas SDM Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Lamongan dilaksanakan di Hall Malioboro Prime Hotel Jogjakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 43 orang pegawai dari jajaran staf, kepala unit, kasubbag hingga kepala bagian Perumda Air minum Kabupaten Lamongan. Dalam sambutannya, Direktur Perumda Air Minum Kabupaten Lamongan M. Ali Mahfudi, SH.,MM menyampaikan bahwa “Kunci keberhasilan pencapaian kinerja adalah kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdapat pada suatu organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia mempunyai peran utama untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan organisasi perusahaan. Tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal, kegiatan perusahaan tidak akan berjalan dengan baik meskipun adanya sarana, prasarana serta sumber dana yang memadai. Sumber daya yang paling penting bagi suatu perusahaan adalah manusia, yang memberikan kerjanya, bakatnya, kreativitas, inovasi dan semangatnya kepada organisasi. Oleh karena itu pentingnya memiliki sumber daya manusia yang mempunyai kapasitas sebagai perencana dan pelaksana program kegiatan”.
Kapasitas sumber daya manusia itu berorientasi pada kemampuan yang akan menentukan berhasilnya seseorang menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya secara optimal. Maka, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia menjadi kebutuhan yang harus dilaksanakan dan tidak bias ditawar oleh perusahaan. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam perusahaan merupakan syarat mutlak untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan, terlebih perusahaan tersebut merupakan perusahaan pemerintah. Sehingga boleh dikatakan, SDM yang berkualitas adalah penentu bagi laju dan majunya perusahaan.
Beliau juga menyampaikan bahwa SDM Perumda Air Minum Kabupaten Lamongan memiliki performance yang masih di bawah PDAM lain di Jawa Timur, sehingga mendapat catatan khusus dalam penilaian BPKP. Catatan tersebut menjadi pelecut untuk semakin memacu agar SDM perusahaan di Perumda Air Minum Kabupaten Lamongan tidak mengalami ketertinggalan dan salah satu upaya adalah dengan menyelenggarakan bimtek seperti hari ini. Terdapat tiga indikator yang dapat mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia (SDM) antara lain, pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Oleh karena pendidikan dan pelatihan hanya bisa dihadiri oleh setiap pegawai yang mendapat kesempatan, maka dari itu setiap ilmu yang diperoleh harus ditularkan ke pegawai yang belum mendapat kesempatan tersebut.
Peningkatan kapasitas, dapat didesain untuk memperkuat kemampuan pegawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing agar setiap bagian memahami apa yang seharusnya dilakukan demi tercapainya pelayanan yang lebih baik dan berkualitas. Jika pelayanan terbaik telah dijalankan, performa atau kinerja perusahaan akan meningkat dan tujuan perusahaan dapat diwujudkan. Oleh sebab itu program peningkatan kapasitas sumber daya manusia baik hard skill maupun soft skill adalah bukan sekedar tanggung jawab personal, akan tetapi sebagai perwujudan tanggung jawab sosial organisasi atau perusahaan kepada konsumennya. Doc arsip 12/2020