Enter your keyword

post

KEMAJUAN PERTANIAN DI KECAMATAN SEKARAN

PENERAPAN SISTEM PERTANIAN ORGANIK

Sekaran, 14 November 2017. Penggunaan pupuk kimia dalam petanian memang tidaklah di larang, tetapi apabila kita cermati, banyak sekali resiko atau dampak yang di timbulkan akibat pemakaian pupuk Kimia yang terlalu berlebihan. Hal ini lah yang mendorong Kecamatan Sekaran besersama stoke holder terkait ingin membuat suatu inovasi untuk memecahkan permasalahan dalam ketergantungan pemakaian pupuk kimia secara berlebihan.

Aksi nyata di mulai pada Kelompok tani di Desa Besur Kecamatan Sekaran, dengan di dampingi oleh tutor yang di datangkan dari Dinas pertanian akbupaten Lamongan. Akhirnya di adakan Sekolah lapang pertanian yang ikuti oleh seluruh petani yang ada di desa tersebut.

Sekolah Lapang Pertanian

Setelah berjalan beberapa bulan, akhirnya dari Sekolah Lapang pertanian para petani yang di dampingi stoke holder terkait mendirikan sebuah laboratorium PPAH ( Pusat Pengembangan Agens Hayati ), di mana lab tersebut meproduksi berbagai macam Jenis pupuk Organik yang nantinya akan di terapkan dalam proses pertanian.

Laboratorium PPAH

Setelah di terapkannya sistem pertanian organik yang di uji coba pada lahan seluas satu hektra, sungguh hasil yang di hasilkan sangat memuaskan, salah satunya hasil ubinan yang semula dalam satu hektar mengasilkan 8-9 Ton. Dengan penerapan sistem pertanian organik padi yang di hasilkan mampu menembus angka 11-12 Ton per hektarnya.

Bahkan pada saat Panen Raya, Bupati Lamongan sangat meng apresiasi para petani Kecamatan Sekaran yang sukses ber inovasi dalam mendongkrak hasil pertanian di Kecamatan Sekaran.

Bupati Lamongan beserta wakil Bupati Lamongan

meninjau produk pupuk organik dari Desa Besur

panen raya bersama bupati dan FORKOPIMDA 

Selain itu Laboratorium PPAH di Desa Besur telah banyak di kunjungi guna untuk melakukan study banding baik dari kalangan akademisi atau dari instansi yang ingin melihat bagaiman cara produksi pupuk organik yang telah sukses di terapkan di Kecamatan Sekaran.

Bahkan beberapa waktu yang lalu Kecamatan Sekaran mendapatkan kunjungan dari MABES TNI untuk meninjau laboratorium serta lahan persawahan di Kecamatan Sekaran

Kunjungan dari MABES TNI