Berita RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NGIMBANG

DEMAM BERDARAH DI MUSIM HUJAN



Pada musim hujan populasi Aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan. Alhasil, ini bisa meningkatkan populasi nyamuk sehingga dapat menyebabkan peningkatan penularan penyakit demam berdarah dengue.
Siapa yang tak mengenal Demam Berdarah Dengue atau yang biasa disingkat DBD? DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang dapat ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit yang identik dengan musim penghujan ini telah ada di Indonesia sejak tahun 1968. Penyakit DBD pertama kali ditemukan di Kota Surabaya. Sejak saat itu, penyakit DBD telah menyebar ke hampir seluruh provinsi di Indonesia. Tercatat pada tahun 2020, DBD telah tersebar di 472 kabupaten/ kota di 34 provinsi (Kemenkes RI, 2020). Angka kematian akibat DBD masih fluktuatif. Pada tahun 2020, kematian akibat DBD terjadi di 219 kabupaten/ kota di Indonesia. DBD dapat menyerang semua usia dengan persentase penderita terbanyak adalah pada usia 15-44 tahun, sedangkan kematian paling banyak menyerang kelompok umur 5-14 tahun. Penyakit DBD juga tak memandang jenis kelamin, baik pria maupun wanita rentan terhadap penyakit tersebut (Kemenkes, 2020).
Berikut ada beberapa cara yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan untuk bisa dilakukan, guna mencegah ancaman penyakit demam berdarah :
1. Menguras tempat penampungan air
2. Menutup rapat tempat sarang nyamuk
3. Daur Ulang Sampah7
4. Upaya pencegahan lainnya
Selain ketiga cara mencegah DBD di atas, Kemenkes juga memberikan saran lainnya untuk memitigasi risiko DBD ini. Di antaranya sebagai berikut:
- Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, terutama di tempat penampungan air yang besar
- Obat anti nyamuk
- Memberikan larvasida pada penampungan air
- Memangkas semak-semak yang ada dilingkungan Anda
- Hindari membuat wadah terbengkalai di luar rumah yang berpotensi terisi air hujan dan menggenang
- Menguras bak mandi
Orang yang mengabaikan kesehatan dirinya adalah orang yang menabung masalah untuk masa depannya...Selamat berakhir pekan..tetap patuhi prokes??