PUSKESMAS TURI

PELAYANAN KESEHATAN GIGI & MULUT ANAK SEKOLAH

Pelayanan Kesehatan Gigi & Mulut

Tujuan pembangunan kesehatan adalah terciptanya masyarakat Indonesia yang hidup dan berperilaku dalam lingkungan sehat dan mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu. Di pihak lain pelayanan kesehatan yang diberikan di seluruh wilayah Indonesia harus dilakukan secara adil, merata, dan optimal. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, telah ditetapkan 4 (empat) misi pembangunan kesehatan, yaitu: (1) Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan.(2) Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. (3) Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau. (4) Memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan secara keseluruhan

UKGS

Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah, sehingga dapat dicapai derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal bagi anak sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu tahun sekali di  SD & MI sekecamatan turi secara berkesinambungan Sebagai salah satu upaya mendukung pendidikan karakter anak, untuk peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut, sehingga melalui kegiatan ini dapat dilakukan pendekatan kepada anak didik di sekolah dan masyarakat untuk membangun masyarakat  hidup dan berprilaku dalam lingkungan sehat untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu.

Kegiatan ini biasanya diisi dengan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, melakukan sikat gigi bersama, dan melakukan pemeriksaan sederhana di sekolah. kegiatan ini di lakukan oleh dokter gigi atau perawat gigi puskesmas Turi.