Berita PUSKESMAS SUKORAME

DETEKSI DINI KANKER SERVIKS MELALUI PAPSMEAR GRATIS DI PUSKESMAS SUKORAME



Bahaya Kanker serviks merupakan hal yang menakutkan bagi perempuan. Kanker serviks adalah penyebab keempat kematian terkait kanker di kalangan wanita di seluruh dunia. Banyak wanita yang akhirnya meninggal karena tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kanker serviks, karena pada tahap awal tidak mengalami gejala apa pun. Begitu bergejala, maka kondisinya sudah berat dan sulit untuk di tolong. 

Kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ketika perubahan prakanker diketahui dan diobati secara dini, maka kanker serviks dapat diatasi sebelum berkembang sepenuhnya. Kanker serviks pada tahap awal tidak menimbulkan gejala yang khas. Kanker serviks dapat dikenali pada tahap pra-kanker dengan melakukan skrining.

Nah, cara terbaik untuk mendeteksi kanker serviks secara dini adalah dengan melakukan tes Pap smear. Pap smear adalah tes skrining (screening test) untuk  kanker mulut rahim bisa dilakukan setahun sekali. Sel yang didapatkan dari usapan serviks atau mulut rahim pada pemeriksaan pap smear kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Setiap wanita yang sudah berhubungan seksual wajib melakukan pemeriksaan pap smear.

Pada hari Selasa 26 Juli 2022 , telah terselenggara kegiatan papsmear di puskesmas sukorame dengan tema " Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Pemeriksaan Papsmear Gratis" yang diselenggarakan oleh YKI Kabupaten Lamongan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberika edukasi yang tepat sasaran kepada para Perempuan Khusus nya di Wilayah Puskesmas Sukorame.


SALAM SEHAT DARI PUSKESMAS SUKORAME :)