PUSKESMAS KEMBANGBAHU

Artikel Puskesmas Kembangbahu

PELITA (Peduli Gizi Balita) Stunting di Kecamatan Kembangbahu

Pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19 yang sudah disebarluaskan di masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan, Puskesmas Kembangbahu melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan di masyarakat terutama dalam penanganan balita stunting di daerah Lokus (lokasi khusus) stunting Kecamatan Kembangbahu. Desa Peduli Gizi Balita Kabupaten Lamongan (Pelita LA) adalah salah satu Program Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan yang bekerjasama dengan Puskesmas Kembangbahu dalam penanganan dan pencegahan stunting di Lokus (Lokasi Khusus) 6 Desa yang terdapat balita stunting di wilayah kerja Puskesmas Kembangbahu.Kegiatan terlaksana selama 72 hari di tahun 2020 dengan rincian 12 hari berturut turut di setiap desa. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 10 Agustus - 22 November 2022. Pelita LA memberikan penyuluhan-penyuluhan yang berbasis perubahan perilaku masyarakat terutama ibu/pengasuh balita stunting. Penyuluhan yang diberikan meliputi informasi gizi, gigi, imunisasi dan kesehatan secara umum. Kegiatan berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terutama di 6 desa yang menjadi tempat kegiatan ini. Salam Sehat, Salam Gizi!!

Selengkapnya
Kelas Gizi Kader Posyandu di Puskesmas Kembangbahu

Selama masa pandemi covid-19, semua kegiatan berhenti dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan. Namun atas sinergitas seluruh kalangan, wilayah kami memasuki Adaptasi Baru (New Normal) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi di masyarakat terutama berkaitan dengan pencegahan balita stunting di wilayah Kecamatan Kembangbahu. Balita Stunting adalah balita yang mengalami tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya (pendek/sangat pendek). Puskesmas Kembangbahu melaksanakan Kelas Gizi Kader Posyandu di Aula Puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan mengundang 20 kader posyandu setiap kegiatan. Informasi yang disampaikan pada tanggal 4 Oktober 2020 tentang peningkatan kapasitas kader posyandu dalam hal pemahaman grafik pertumbuhan anak. Dengan harapan kader posyandu dapat menentukan balita stunting atau bukan dan memberikan data yang valid terkait pengukuran tinggi badan saat posyandu. Kelas gizi yang kedua dilaksanakan pada tanggal 3 November 2020 tentang emotional demontration (emodemo) untuk memberikan pelatihan kepada kader posyandu dalam memberikan cara penyuluhan saat melaksanakan posyandu balita bersama ibu balita. Kelas gizi yang ketiga dilaksanakan pada tanggal 17 November 2020 tentang sosialisasi Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) untuk memahami cara pemberian 3P (Pola Makan, Pola Asuh dan Pola Sanitasi) pada balita.Kegiatan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat seluruh kader posyandu yang hadir. Dengan harapan informasi dalam kelas gizi dapat di sosialisasikan di desa masing masing dalam menangani dan mencegah kejadian balita stunting. Salam Sehat, Salam Gizi!! 

Selengkapnya
Pembagian Masker Serentak 18 desa di Kecamatan Kembangbahu

Dalam Memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-56, Puskesmas Kembangbahu melaksanakan pembagian masker serentak 18 desa di Kecamatan Kembanagbahu dengan menggunakan protokol kesehatan dan mendukung penuh pencegahan dan pengobatan pandemi covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Kembangbahu

Selengkapnya