KECAMATAN PUCUK

SAMBIL LALU DI SUATU SORE CERITA-CERITA TENTANG BUMDES (BERSAMA PD DAN PLD KEC.PUCUK)

Mengambil pelajaran berharga tentang kegagalan dan keberhasilan Bumdes di luar sana, mestinya bukan tema cerita yang enteng-entengan di sore itu.

Mencari gambaran dan membandingkan informasi serta pengalaman faktual tentang Bumdes dan bagaimana membangun kesuksesannya, utamanya di era pandemi seperti sekarang, bukan soal yang sepele.

Pertanyaan makro dari bincang-bincang sore itu, bertolak dari rasa penasaran kita untuk mencari jawab dari pertanyaan yang sebenarnya sangat normal.dan standard, tentang mengapa ada banyak Bumdes yg mengalami kegagalan, sementara sebagian kecil lainnya meraih cerita sukses misalnya?

Tejadilah potret memotret cerita dan copy paste pengetahuan dari kami peserta bincang-bincang untk memastikan dan meyakinkan argumentasinya, antara satu dan lainnya.

Tentang pelajaran apa kiranya yang bisa diambil dari kisah-kisah itu. Baik tentang cerita sukses maupun cerita tentang kegagalan Bumdes, yang pada tahun ini 2021, diharapkan memberi kontribusi yg berarti terhadap pemulihan ekonomi rakyat. Gus menteri malah menargetkan di tahun ini
kinerja BUMDes melampaui kinerja sebelum Covid-19. Target rebound tahun 2021 melewati pencapaian sebelum Covid-19.

Tanpa bermaksud terjebak pada diterminisme faktor, internal dan eksternal yg berpengaruh terhadap cerita sukses dan kegagalan tentang Bumdes, saya sepakat kalau ke 2 faktor tersebut merupakan faktor yg mungkin saja berpengaruh, bisa juga salah satu diantara ke duanya.

Itulah akhir cerita sore kita untk terus kita pelajari ke depannya.