KECAMATAN PUCUK

BINCANG BINCANG TENTANG BUMDES DALAM PRESPEKTIF USAHA. (Bersama Ketua Asosiasi Bumdes Kec Pucuk, PD P. dan Seksi Pembangunan Kec.)

Bumdes dibangun bukan sekedar affectual action, sebagai upaya bersama karena didasarkan pada pertimbangan sosial semata, karena sebagai pilar kegiatan ekonomi di desa tujuannya dimaksudkan juga sebagai commercial institution yang diproyeksikan menjadi sumber penghasilan bagi desa.
Oleh karena, Bumdes tetep harus dikelola secara profesional dg prinsip efisien dan efektif, sehingga bisa memberi keuntungan, baik pada aspek pendanaannya maupun pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum dengan tidak meninggalkan
muatan pelayanannya, tidak mengambil alih aktivitas ekonomi warga serta sebagai badan usaha social enterprise, sebagai ide bisnis yang menggabungkan antara konsep dasar berdagang dengan kewajibannya membantu lingkungannya. Dimana sebuah usaha mendapatkan pendapatannya sebesar dan sejalan sama dg manfaat yg diberikan kepada masyarakat.
Saya, kita dan Indonesia terus berharap, Bumdes perannya semakin kuat dan mengemuka, baik sebagai konsolidator maupun inkubator usaha di tingkat desa.