KECAMATAN PUCUK

MOMEN PENDATAAN SDGs DESA: UPAYA BESAR MEMBANGUN DESA BERDASARKAN KEBUTUHAN


Gegap gempita pelaksanaan pendataan SDGs Desa berlangsung mulai 1 Maret sampai 31 Mei 2021 di seluruh desa di Indonesia.
Proses penggalian, pengumpulan, pencatatan verifikasi dan validasi data SDGs Desa dilaksanakan oleh Pokja Relawan Pendataan Desa.
Pendataan yang dilakukan untuk maksud memutakhirkan data pada level desa, rukun tetangga, keluarga dan warga, diharapkan menghasilkan analisis data sebagai rekomendasi untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai kaidah SDGs Desa.
Bertempat di Baldes desa Wanar Kecamatan Pucuk, Pendamping Desa memberikan Pelatihan kepada Tim Relawan Sustainable Development Goals (SDGs) tentang tata cara menggunakan Aplikasi SDGs untuk Pokja Pendataan Desa.
Kegiatan pelatihan ini nantinya akan digunakan untuk pendataan Pokja Desa yang berupaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.
Adapun Tim Relawan SDGs Desa terdiri dari Kades sebagai Pembina, Sekretaris Desa Wanar sebagai Ketua, Kasi Pemerintahan sebagai Sekretaris dan anggota dari unsur PKK, Karang Taruna, Kelembagaan dan Unsur Masyarakat, serta mitra dari Babinsa, Babinkatibmas dan Pendamping Lokal Desa