KECAMATAN PUCUK

BUMDes DAN PENDEKATAN KEORGANISASIAN: PEMBINAAN ASOSIASI BUMDes KEC. PUCUK

Harus diakui bahwa perkembangan BUMDes sampai saat ini, dalam perannya untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui unit usaha yang dibangunnya, masih memerlukan perhatian serius. Terlepas dari fakta tentang beberapa hal yang membuat BUMDes belum juga mampu bergerak menjadi mesin pendorong kesejahteraan warga, maka setiap upaya bagi pembinaan menejemen organisasi seperti BUMDes sangat dibutuhkan. BUMDes harus tetap berkembang dan mempertahankan dirinya untuk beradaptasi menghadapi setiap perubahan yang ada. Proses mengarahkan struktur organisasi dan keanggotaannya dalam konteks dan upaya pengembangan organisasi BUMDes, masih sangat diperlukan sehingga eksistensi dan kemampuan bersaing dengan lembaga usaha lainnya, tetap bisa dilakukan disamping manfaat sosialnya. Apapun keadaan BUMDes saat ini, bukan menjadikan bahwa lembaga usaha itu harus menjadi mati dan tidak berkembang. BUMDes harus terus digerakkan dengan penyadaran kepada rakyat desa, bahwa kehadirannya sebagai wadah yang dapat mengorganisir mereka untuk meningkatkan semangat dan mengembangkan ekonomi bersama. Asosiasi BUMDes Kec. Pucuk mulai berbenah. dengan keanggotaannya di 17 desa untuk suatu alasan membangun perkuatan eksistensinya, baik internal maupun eksternalnya.

Harus diakui bahwa perkembangan BUMDes sampai saat ini, dalam perannya untuk mendorong kesejahteraan masyarakat melalui unit usaha yang dibangunnya, masih memerlukan perhatian serius.
Terlepas dari fakta tentang beberapa hal yang membuat BUMDes belum juga mampu bergerak menjadi mesin pendorong kesejahteraan warga, maka setiap upaya bagi pembinaan menejemen organisasi seperti BUMDes sangat dibutuhkan.
BUMDes harus tetap berkembang dan mempertahankan dirinya untuk beradaptasi menghadapi setiap perubahan yang ada. Proses mengarahkan struktur organisasi dan keanggotaannya dalam konteks dan upaya pengembangan organisasi BUMDes, masih sangat diperlukan sehingga eksistensi dan kemampuan bersaing dengan lembaga usaha lainnya, tetap bisa dilakukan disamping manfaat sosialnya.
Apapun keadaan BUMDes saat ini, bukan menjadikan bahwa lembaga usaha itu harus menjadi mati dan tidak berkembang. BUMDes harus terus digerakkan dengan penyadaran kepada rakyat desa, bahwa kehadirannya sebagai wadah yang dapat mengorganisir mereka untuk meningkatkan semangat dan mengembangkan ekonomi bersama.
Asosiasi BUMDes Kec. Pucuk mulai berbenah. dengan keanggotaannya di 17 desa untuk suatu alasan membangun perkuatan eksistensinya, baik internal maupun eksternalnya.