KECAMATAN PUCUK

KENALI PERUBAHAN, KELOLA MENEJEMENNYA

Apapun entitas atau masyarakatnya, perubahan merupakan keniscayaan. Terlepas bahwa perubahan itu disengaja, direncanakan ataupun yang tidak, tetapi diyakini bahwa kelangsungan hidup bisa survive pada lembaga dan organisasi misalnya, karena respons yg diberikan secara dinamis.

Rekayasa perubahan kemudian akan menjadi modal ketahanan hidup dan keberlangsungan entitas, dikarenakan kemunculan aspirasi dan penanganan perubahan dilakukan dalam gerak yang linier dan sinergi.

Linieritas respons dan desakan perubahan yang terjadi, bisa dilakukan kalau sejak dini kita mengenali dan memahami gejala, model, bentuk dan faktor serta proses perubahannya.

Sikap kooperatif terhadap perubahan dengan pengenalan terhadap elemen sistemnya, akan berpengaruh dan mempercepat pola pengorganisasian untuk suatu proses pelembagaan mengurangi resistensi dan kesenjangan di dalam masyarakat atau suatu entitas.

Dengan demikian penerapan menejemen perubahan sebagai proses untuk mengelola masyarakat dapat lebih mudah dilakukan untuk mewujudkan perubahan secara efektif.