Enter your keyword

Kedudukan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan daerah di Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Tugas, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan mempunyai tugas merumuskan teknis dan strategis, melaksanakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum, pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perumahan rakyat dan permukiman.

Fungsi, Dalam melaksanakan tugas, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan perencanaan Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman;
  2. pelaksanaan pelayanan umum Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman;
  3. pelaksanaan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) urusan pemerintahan di bidang perumahan rakyat dan permukiman;
  4. pelaksanaan kebijakan di bidang perumahan rakyat dan permukiman;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang perumahan rakyat dan permukiman;
  6. pelaksanaan administrasi dinas di bidang perumahan rakyat dan permukiman; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan terdiri dari :
A. Kepala Dinas
B. Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, Penyusunan Program, perlengkapan, keuangan, dan keprotokolan serta mengoordinasikan dan melaksanakan kegiatan perencanaan, evaluasi, dan pelaporan kinerja dan anggaran, hubungan masyarakat kepada seluruh unit organisasi di lingkungan dinas.

Sekretariat mempunyai fungsi :

    • pelaksanaan koordinasi penyusunan program, kegiatan, dan anggaran;
    • pelaksanaan koordinasi pengelolaan keuangan/anggaran;
    • pengelolaan urusan kepegawaian, tata usaha, kearsipan, perlengkapan, rumah tangga, surat menyurat dan keprotokolan dinas;
    • pelaksanaan pembinaan dan pengelolaan administrasi kepegawaian, organisasi dan ketatalaksanaan dinas;
    • pengoordinasian dan perumusan perencanaan dan program dinas;
    • pengoordinasian dan pengelolaan administrasi keuangan dan aset dinas;
    • pelaksanaan pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan dinas;
    • pengoordinasian dan pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan, serta pelaporan kinerja dan keuangan dinas; dan
    • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  1. Sub Bagian Program, Evaluasi dan Keuangan;
  2. Sub Bagian Umum.

C. Bidang Bangunan Gedung dan Pertanahan

Bidang Bangunan Gedung dan Pertanahan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang bangunan gedung dan pertanahan.

Bidang Bangunan Gedung dan Pertanahan mempunyai fungsi :

    • perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan bangunan gedung dan pertanahan;
    • penyelenggaraan bangunan gedung dan rumah negara beserta lingkungannya;
    • penyelenggaraan pembinaan teknis jasa konstruksi;
    • penyelenggaraan pengendalian dan pemanfaatan tanah;
    • penyelenggaraan pelayanan perizinan dan pemanfaatan ruang; dan
    • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Penataan Bangunan Gedung dan Lingkungan;
  2. Seksi Pengendalian dan Pemanfaatan Tanah;
  3. Seksi Perizinan dan Pemanfaatan Ruang.

D. Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi dan pelaporan di bidang perumahan dan kawasan permukiman.

Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman mempunyai fungsi :

    • penyiapan kebijakan dan strategi pembangunan perumahan dan kawasan permukiman;
    • pembinaan dan pengaturan bidang perumahan dan kawasan permukiman yang meliputi penyiapan produk dan sosialisasi peraturan serta pemberdayaan masyarakat;
    • pelaksanaan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman serta prasarana dan sarana lingkungan permukiman, perkotaan dan perdesaan;
    • pelaksanaan kebijakan mengenai penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman mengacu pada norma, standar, prosedur dan kriteria yang ada;
    • pelaksanaan pembangunan dan pembinaan teknis penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman;
    • pelaksanaan pembinaan teknis penyelenggaraan pemeliharaan dan perawatan prasarana lingkungan perumahan dan kawasan permukiman; dan
    • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Perumahan;
  2. Seksi Permukiman;
  3. Seksi Pemeliharaan Bangunan Umum dan Penerangan Jalan.

E. Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman

Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, penataan, peningkatan, pemeliharaan dan pengendalian serta penyehatan lingkungan permukiman.

Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman mempunyai fungsi :

    • perencanaan, penataan, peningkatan, pemeliharaan, pengawasan dan pengendalian serta penyehatan lingkungan permukiman;
    • pengumpulan dan pengolahan data serta fasilitasi dalam rangka perencanaan penyusunan program, kebijakan dan strategi peningkatan dan pemeliharaan serta penyehatan lingkungan permukiman;
    • pengendalian, fasilitasi, pembinaan dan pemberian bantuan teknis dalam rangka peningkatan peran serta stakeholder dalam pengembangan, pemeliharaan dan penyehatan lingkungan permukiman; dan
    • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Air Minum dan Sanitasi;
  2. Seksi Persampahan;
  3. Seksi Pertamanan.

F. Unit Pelaksana Teknis Dinas

  1. UPT Pengelolaan Air Limbah Permukiman Kabupaten Lamongan, adalah unsur pelaksana tugas teknis dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala UPT, berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

UPT Pengelolaan Air Limbah Permukiman Kabupaten Lamongan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas dalam rangka penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pengembangan, pemeliharaan dan pengendalian pelayanan penggunaan/pemanfaatan pengelolaan air limbah permukiman Kabupaten Lamongan.

UPT Pengelolaan Air Limbah Permukiman Kabupaten Lamongan mempunya fungsi :

    • pendorong pemakaian sistem sanitasi individual yang sesuai standar;
    • pembinaan kelompok-kelompok masyarakat pengelola air limbah permukiman;
    • pengoperasian dan pemeliharaan IPAL skala kawasan;
    • pengoperasian dan pemeliharaan IPLT;
    • pengembangan sistem layanan lumpur tinja terjadwal;
    • pengumpulan, pengolahan, analisa dan penyajian data statistik dalam rangka penyiapan bahan perumusan kebijaksanaan dinas sesuai dengan lingkup kerjanya;
    • pengurusan rencana dan program kerja keuangan, kepegawaian, peralatan dan ketatalaksanaan UPT;
    • penyiapan dan pelaksanaan teknis operasional dalam rangka pelayanan penggunaan/pemanfaatan pengelolaan air limbah permukiman Kabupaten Lamongan;
    • pembinaan dan pengembangan SDM dalam rangka meningkatkan pengelolaan air limbah permukiman Kabupaten Lamongan;
    • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan program/kegiatan pengelolaan air limbah permukiman Kabupaten Lamongan;
    • pengurusan pemungutan retribusi daerah terkait pelayanan umum dan jasa penggunaan/pemanfaatan pengelolaan air limbah permukiman Kabupaten Lamongan;
    • pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

G. Kelompok Jabatan Fungsional

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.