Enter your keyword

post

Cipta Karya Inisiatif Tingkatkan Investasi Infrastruktur Senilai 13,4 Juta Dollar

Pemerintah melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Swiss dan Bank Dunia mendukung upaya Indonesia mengelola perkembangan perkotaan. Laju pertumbuhan perkotaan di Indonesia kini tertinggi di Asia. Pemerintah Swiss dan Bank Dunia mendirikan dana perwalian senilai $13,4 juta.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Taufik Widjoyono dalam diskusi  pembentukan Indonesia Sustainable Urbanization Multi Donor Trust Fund (IDSUN) di Jakarta, Selasa (14/06/2016).

“Laju urbanisasi di Indonesia termasuk yang paling cepat di dunia. Hal ini telah meningkatkan luas perkotaan, selama periode tahun 2000-2010, pada tahun 2025, 68% dari penduduk Indonesia diperkirakaan akan hidup di perkotaan terutama pada kawasan perkotaan yang berpotensi mengalami pertumbuhan ekonomi tinggi,” tutur Taufik.

Lanjut Taufik, dalam mengatasi permasalahan perkotaan di era desentralisasi ini, peran pemerintah daerah sangat strategis karena pemerintah daerah lebih mengenali kondisi dan permasalahan kawasan perkotaannya, namun pemerintah daerah juga meghadapi keterbatasan pendanaan. Kota-kota mempunyai anggaran yang sangat terbatas dengan PAD yang sedikit sementara anggaran lebih banyak di alokasikan untuk gaji pegawai, karena  itu kita membutuhkan sumber dana alternatif untuk membiayai pembangunan  infrastruktur di negeri ini.

“Untuk itu melalui kegiatan workshop ini dilakukan inisiatif untuk mencarikan solusi keterbatasan pendanaan pembangunan perkotaan secara berkelanjutan, seperti yang saat ini dilakukan oleh World Bank dan State Secretariat for Economic Affairs, atau SECO,” tutur Taufik.

Pemerintah Swiss melalui State Secretariat for Economic Affairs (SECO) secara global mendukung peningkatan pertumbuhan kawasan perkotaan ramah lingkungan, memberikan kontribusi pertama ke Indonesia Sustainable Urbanization Multi-Donor Trust Fund (IDSUN) selam tiga tahun kedepan.

Sementara, Duta Besar untuk Indonesia Swiss Yvonne Baumann mengungkapkan, melalui dana perwalian IDSUN, kami mendukung upaya Indonesia untuk memprioritaskan urbanisasi berkelanjutan yang mengedepankan faktor ekonomi, sosial dan perlindungan lingkunganhidup dalam agenda nasional. Dana perwalian juga akan memperkuat sinergi dan kapasitas seluruh lembaga dan pemerintah daerah terkait perbaikan taraf hidup di daerah perkotaan. (sumber: http://ciptakarya.pu.go.id/v3/news.php?id=5694)

One Comment

  1. miftakhulkhariri
    added on 19 Aug, 2017
    Reply

    Butuh uang untuk membangun rumah

Add your review

Your email address will not be published.