Maret 13

2021

Peringati Hari Ginjal Sedunia 2021, RSUD Dr. Soegiri Ajak Fokus pada Peningkatan Kualitas Hidup Pasien Ginjal



Setiap tahunnya, Hari Ginjal Sedunia diperingati di minggu kedua bulan Maret. Tahun ini, World Kidney Day diperingati pada tanggal 11 Maret 2021. 

Tema yang diusung pada tahun ini yakni “Living Well With Kidney Disease” menekankan pada upaya untuk dapat hidup lebih berkualitas bagi para pasien penyakit ginjal. Diharapkan para penderita terutama Penyakit Ginjal Kronis (PGK) dapat lebih mudah untuk beraktivitas dan memperoleh pengobatan yang mereka butuhkan.

Dalam rangka peringatan hari ginjal sedunia di Indonesia, Penyuluhan pada keluarga pasien di Ruang Hemodialisa (13/3/21) RSUD Dr. Soegiri Lamongan, oleh Dr. Abdurrohman,Sp.PD. menjelaskan , Penyakit ginjal adalah salah satu faktor ‘pembunuh diam’, di mana banyak orang yang memiliki penyakit ginjal tidak mengetahui kondisinya, seperti penyakit ginjal kronis (PGK). Pada tahap awal penyakit ini mungkin seseorang tidak menyadarinya, tetapi deteksi dan perawatan dini sangat penting untuk menjaga PGK agar tidak memburuk. Jadi, waspadai tanda dan gejala penyakit ginjal di bawah ini agar dapat mendapat perawatan sedini mungkin.Walaupun tema hari ginjal sedunia 2021 berfokus pada pasien sakit ginjal, namun pencegahan sakit ginjal juga tetap ditekankan terutama mereka yang beresiko terkena penyakit ginjal. Mereka yang memiliki penyakit seperti hipertensi dan diabetes perlu mendapat perhatian lebih karena memiliki resiko sakit ginjal yang lebih besar.

Lewat perayaan hari ginjal sedunia ini, diharapkan penderita penyakit ginjal dapat hidup lebih sejahtera dan kesehatan ginjal Indonesia semakin baik di masa depan.