September 21

2022

Sekolah Orang Tua Hebat Cegah Stunting


Setelah menuntaskan 14 kali pertemuan peningkatan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam pengasuhan anak masa golden periode atau usia balita (1-5 tahun) untuk mencetak generasi emas 2045, 109 orang tua dari Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) Lamongan angkatan ke-2 lakukan wisuda, di Aula Gajah Mada, Pemda Lamongan Lt. 7, Rabu (21/9).

Program gagasan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur ini merupakan salah satu langkah dalam percepatan stunting 14% tahun 2024. Sebab, di dalam kelas SOTH para orang tua akan didampingi oleh psikolog, tenaga kesehatan, PKK, dan penyuluh terkait bagaimana menjadi orang tua yang benar dalam mendidik anak mulai dari, pola pengasuhan, nutrisi, hingga imunisasi.

Setelah dilakukan prosesi wisuda oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yuhronur Efendi, serta di dampingi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Maira Ermawati, dan drg. Fida Nuraida selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Lamongan, para wisudawan dari 7 kelas dalam 7 kecamatan yakni Kecamatan
Laren, Modo, Kedungpring, Sukodadi, Brondong, Deket, dan Kalitengah, diharapkan dapat membawa tongkat estafet pemberian motivasi kepada dirinya sendiri serta lingkungan sekitar agar tidakadanya penambahan khasus stunting baru.

"Dengan adanya SOTH di Lamongan ini dapat menjadikan kita semakin kompak, semakin semangat untuk demi penerus generasi yang sehat, berkarakter, dan berakhlak mulia," kata Maria Ermawati

Melalui pembelajaran yang enjor and fun, 14 kali pertemuan terasa tidak membebani bagi para orang tua, terlebih orang tua sebagai pendidikan pertama bagi anak dan menjadi percontohan baik sikap maupun perilaku, dengan adanya kelas SOTH akan memberikan dampak positif bagi orang tua dalam mendidik tumbuh kembang anak.