Mei 10

2022

Pandemi Mendekatkan Transformasi Teknologi Digitalisasi pada Pendidikan di Lamongan


Pendidikan semakin dekat dengan transformasi teknologi digitalisasi, hal tersebut diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022, Selasa (10/5) di GOR Dinas Pendidikan Lamongan.

"Pandemi memang mengakibatkan kerugian hampir di semua sektor.  Namun pandemi membawa hikmah di sektor pendidikan, bagaimana merubah aktifitas pendidikan secara menyuluruh menjadi digital.  Tuntutan tersebut membawa pendidikan semakin dekat dengan transformasi teknologi digitalisasi.  Transformasi teknologi digitalisasi yang terus bergerak maju maka akan membawa kemajuan pula bagi pendidikan," ungkap Pak Yes.

Melangkah bersama mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pemerintah Kabupaten Lamongan mengajak para perangkat daerah yang memiliki kegiatan berdekatan langsung dengan masyarakat, salah satunya iala Dinas Pendidikan untuk turut serta mewujudkan yang dicita-citakan masyarakat.

"Saya ingin perangkat yang berdekatan langsung dengan masyarakat bisa turut menyampaikan program yang akan kita sampaikan dan laksanakan

sehingga apa yang menjadi cita-cita kami bisa terwujud," tutur Pak Yes.

Pak Yes menerangkan bahwasanya pendidikan di Lamongan mengalami kenaikan dan mampu mempertahankan prestasi tersebut. Kemajuan dapat dibuktikan dari indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lamongan yang mengalami kenaikan, karena indeks pendidikan memberikan potensi didalamnya.

Upaya-upaya pemerintah Kabupaten Lamongan pun tidam ketinggalan.  Lamongan meluncurkan program khusus untuk menunjang pendidikan yang ada di Lamongan. Program tersebut ialah program "Perintis" (pendidikan berkualitas dan gratis). Program tersebut dicanangkan untuk mempermudah akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat di Lamongan.

Upaya yang telah dicanangkan dapat terwujud secara maksimal apabila didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengembangkan pendidikan di Lamongan.

"Sebelumnya terimakaish kepada PGRI yang telah meletakkan dasar pendidikan dengan segala capaiannya. Untuk para mitra pendidikan di Lamongan diharap selalu memelihara semangat bertugas, tetap menjadi pengajar dengan pribadi yang baik dan dekat dengan sosial. Karena tugas yang menjadi tanggung jawab kita ialah membina anak bangsa," tutur Kepada Dinas Pendidikan Lamongan Munif Syarif.

Munif juga menegaskan dengan inovasi-inovasi akan menyelenggarakan akses pendidikan bagi masyarakat lebih luas. Yangmana hal tersebut telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Lamongan. Di peringatan Hardiknas 2022 Dinas Pendidikan Lamongan mempersembahkan e-library untuk menunjang pembelajaran siswa dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).  E-library sendiri merupakan platform buah inovasi dari Dinas Pendidikan Lamongan yang bekerja sama dengan Troya Academic Platform (TAP).  Pada kesempatan yang sama juga dilakukan launching e-library oleh Bupati Lamongan.