Maret

28

 2022

Rekonstruksi Kejayaan Lamongan, Pemkab Lamongan Lakukan Revitalisasi Makam Nyai Ratu Andongsari

Nyai Ratu Andongsari dikenal sebagai ibunda Maha Patih Gadjah Mada, yang mempunyai peran penting pada masa Kerajaan Majapahit.

Makam Nyai Ratu bertempat di puncak bukit setinggi 100 M Gunung Ratu, Desa Sendangrejo, Kec. Ngimbang, Kabupaten Lamongan.

Sebagai bentuk pelestarian situs sejarah pada masa kejayaan Lamongan dimasa lampau, pemkab Lamongan melaksanakan peletakan batu pertama untuk membangun kawasan makan Mbah Ratu atau Nyai Andongsari, pada Senin (28/3).

Dalam rencana kedepan di atas tanah seluas 66 x 41 M tersebut, akan dibangun cukup makam Nyai Ratu seluas 12 x 12 M, dan beberapa fasilitas lain seperti cukup makam kucing, mushola, peristirahatan putra, peristirahatan putri, kamar kuncen, pagar dari batu merah, gapura, serta pembenahan lantai halaman.

Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi peletakan batu di makan Mbah Ratu Andongsari merupakan sebuah rekuntruksi dari kejayaan nusantrana,

“Beberapa hari kebelakang kita akan merangkai atau merekontruksi kejayaan-kejayaan masa lalu, dimulai dari peninggalan banyak prasasti, masa-masa perkembangan islam mulai Sunan Drajat hingga sekitarnya, kejayaan-kejayaan pada masa kolonial Belanda, dan kejayaan-kenyaan pada masa lalu,” tutur Pak Yes

Kata Pak Yes, maha patih Gajah Mada mempunyai spirit, semangat dan sumpah yang besar dalam mepersatukan nusantara.

“Saya telah melihat sebagai penegasan Nyai Andongsari, kalau kita mendatangi museum nasional dalam Prasasti Balawi yang menyebutkan keberadaan Nyai Andongsari ini,” jelas Pak Yes

Lebih lanjut Pak Yes menyatakan, momentum peletakan batu di makam Nyai Andongsari merupakan hal yang sangat penting untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Kedepannya, ucap Pak Yes, akan di lanjutkan dengan kajian-kajian ilmiah, untuk menegaskan dan menunjukan keberadaan Maha Patih Gajah Mada, keberadaan Nyai Andongsari, maupun situs-situs lain. Dalam menunjukan eksistensi Kabupaten Lamongan atas percaturan kejayaan nusantara.

“Pembangunan makam Mbah Ratu ini perlu adanya suport dan dukungan dari kita semua untuk mewujudkan kawasan yang representratif, dan integral seperti apa yang diharapkan oleh pemerintah desa untuk menjadikan kawasan wisata religi, budaya, edukatif, dan kawasan yang berhubungaan dengan perhutanian,” harap Pak Yes.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES