Februari

18

 2022

Pembenahan Dam Margoanyar sebagai Upaya Penanggulangan Banjir Bengawan Jero


Penanganan genangan air yang terjadi di Bengawan Jero terus dilakukan. Kali ini pembenahan  pintu air di Desa Margoanyar Kecamatan Glagah guna memperlancar arus pembuangan air. 

Dam Margoanyar mulai dibenahi dengan mengambil papan pintu agar arus air mengalir lancar, sehingga genangan air yang terjadi di Bengawan Jero segera surut. 

Bengawan Jero yang meliputi antara lain Kecamatan Kalitengah, Turi, Deket, Glagah maupun Karangbinangun tergenang air disebabkan disamping kontur tanah juga karena curah hujan yang tinggi pada musim hujan kali ini.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Lamongan bersama masyarakat seperti pembersiham enceng gondok, memaksimalkan kapasitas pompa yang ada dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemkab Gresik untuk memperlacar saluran sampai dengan Dam Tambak Ombo. 

"Terhadap Dam glagah untuk saat ini dilakukan pencopotan pintu untuk dilanjutkan secara bertahap akan dilakukan pembongkaran plat dan dua pilar sehingga pintu air terbuka lebar," ungkap M. Jupri Kepala Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Lamkngan. 

Jupri berharap dengan langkah yang dilakukan,  genangan air yang saat ini masih berlangsung segera surut, untuk selanjutnya dapat segera ditangani pembangunan pasca banjir seperti pembangunan jalan -  jalan yang rusak akibat terlalu lama tergenang.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES