Januari 20

2022

Konservasi Lingkungan, Lamongan Lakukan Gerakan Penanaman Bambu



Masalah kelestarian lingkungan menjadi prioritas utama Kabupaten Lamongan dalam pembangunan tahun 2022, yakni peningkatan kelestarian lingkungan dan ketahanan bencana. Mengawali tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan  melakukan gerakan penanaman pohon bambu secara serentak di beberapa wilayah.  Kegiatan yang dimaksud kan sebagai upaya konservasi lahan  tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun, dimana tahun ini merupakan tahun kedua. Gerakan penanaman yang dilakukan secara simbolis di Lapangan Tembak Jotosanur, Kecamatan tikung, oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kamis (20/1) tersebut, dilaksanakan secara serentak di 5 (lima) kecamatan yakni Kecamatan Tikung, Kecamatan Babat, Kecamatan Sugio, Kecamatan Ngimbang dan Kecamatan Kembangbahu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan, Anang Taufik, mengatakan, dipilihnya tanaman bambu karena  bambu merupakan tanaman yang memiliki resapan air paling bagus juga menangkal tanah longsor dan angin puting beliung. Namun demikian, lanjut Anang tidak hanya tanaman bambu, pada kesempatan tersebut juga disiapkan tanamana produktif sebanyak 5000 pohon.

“Total ada sekitar  7000 pohon yang nantinya ditanam di lima kecamatan, pohon bambu sekitar 2000 dan tanaman produktif sebanyak 5000 pohon. Pada akhir tahun 2021 lalu kami juga melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir Lamongan, dan sampai saat ini masih terjaga,” terang Anang.

Sementara Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, pada kesempatan tersebut mengatakan banyak pelaku UMKM khususnya pengrajin bambu kesulitan untuk mendapatkan bahan kerajinan. Dengan ditanamnya bambu harap Pak Yes, dapat dimanfaatkan oleh pengrajin, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan membangkitkan kondisi ekonomi di Kabupaten Lamongan.

“Seperti kita ketahui pohon bambu banyak manfaat nya mulai daun, akar dan batang semua memberi manfaat. Semoga ke depan bambu yang ditanam hari ini selain bisa untuk menangkal bencana seperti puting beliung juga bisa dimanfaatkan pengrajin bambu,” harap pak Yes.

Bupati Lamongan yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf, Kapolres Lamongan, Dandim 0812 Lamongan serta kepala dinas terkait,  juga menyerahkan penghargaan bidang lingkungan hidup baik tingkat  nasional maupun tingkat provinsi, oleh Bupati Lamongan kepada sekolah adiwiyata, desa berseri, kampung proklim maupun pelaku usaha. Selain itu juga diserahkan gerobak sampah kepada Kodim 0812 Lamongan.