Januari 12

2022

Memaknai Nilai Juang LVRI, Tularkan Semangat Perjuangan Pada Generasi Milenial


Perjuangan melawan penjajah memang telah usai. Namun, perjuangan untuk mempertahankan NKRI dari berbagai bentuk ancaman belum berakhir. Semangat merawat nilai-nilai  perjuangan kebhinekaan pun harus selalu berkobar termasuk  semangat menularkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan HUT Ke-41 Pemuda Panca Marga Tahun 2022, di Gedung Juang Lamongan, Rabu (12/1).

Menurut Bupati Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan, semangat perjuangan para pendahulu dalam merebut kemerdekaan RI patut dijadikan inspirasi terutama para generasi milenial Lamongan sebagai generasi penerus bangsa.

“Kita harus merawat nilai-nilai perjuangan, semangat perjuangan yang telah dilakukan pendahulu-pendahulu kita terutama saat merebut kemerdekaan RI agar terus digelorakan dan dipelihara sehingga semangat dan nilai-nilai it uterus mengilhami dan menginspirasi bagi kita semua untuk kejayaan Indonesia umumnya dan tentu kejayaan Kabupaten Lamongan yang kita cita-citakan,” tutur Bupati Yes.

Senada dengan arahan Bupati Yes, Ketua LVRI Lamongan, Serka Suyoto saat membacakan sambutan Ketua Umum DPP LVRI Saiful Sulun mengungkapkan di usianya yang ke-65 tahun, LVRI siap menularkan semangat perjuangan kepada generasi Lamongan melalui program JSN’45.

JSN'45 merupakan singkatan dari Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Juang 1945. Jiwa yang dimaksud  adalah jiwa bangsa, yang berarti kekuatan batin yang terkandung dalam nilai – nilai pandangan hidup suatu bangsa. Program yang dirintis sejak 2012 hingga sekarang ini menurut Serka Suyoto masih disosialisasikan ke seluruh elemen bangsa khususnya kalangan pendidikan sehingga menumbuhkan generasi yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Tak hanya memiliki program JSN’45, di usianya yang ke-65 tahun, LVRI juga siap mendukung dan mengamankan pembangunan nasional terutama dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

“Mengingat Pandemi yang masih belum berakhir, kita harus siap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi Covid-19 hingga tuntas. Protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran, sehingga menjadi teladan bagi anak cucu kita,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Yes bersama Ketua DPRD Kabupaten Lamongan dan Dandim 0812 melakukan ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Negara Lamongan.

Sumber : Prokopim