November 25

2021

Siap Ciptakan Lamongan sebagai Tempat Investasi yang Kondusif, Menarik, dan Sistemable


Berbagai permasalahan terkait dunia kerja dapat muncul, baik itu isu hubungan industrial maupun ketenagakerjaan. APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) muncul sebagai wadah  yang mampu menjadi forum komunikasi dan bertukar pikiran para pengusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dilantiknya kepengurusan DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten) APINDO Lamongan, Kamis (25/11) di Hotel Grand Mahkota, membuat Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menaruh harapan besar  untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah berkolaborasi menumbuhkembangkan perekonomian Kabupaten Lamongan.

“Selain saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya kepengurusan APINDO di Lamongan, saya juga menaruh harapan besar APINDO ini untuk bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam rangka menumbuhkembangkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Kabupaten Lamongan,” ucap Pak Yes.

Menurut Pak Yes, sudah menjadi kewajiban bersama untuk menciptakan iklim dan kondisi yang kondusif, kondisi investasi yang menarik dan sistemable di Kabupaten Lamongan. Hal tersebut dapat dibentuk dengan cara menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, menjaga dan mengkoordinir dampak-dampak sosial yang diciptakan.

“Alhamdulillah di Lamongan ini sudah cukup baik hubungan industrial, hubungan perburuhan juga. Yang ini semua harus kita jaga, jangan sampai hal tersebut mengganggu terhadap keberlangsungan perusahaan. Selain itu, dampak lingkungan juga harus kita jaga, hal lainnya juga perlu kita tingkatkan,” terangnya.

Pak Yes menambahkan, bahwa saat ini Lamongan tengah menjadi tujuan investasi dengan segala potensi yang dimiliki dan SDM yang mumpuni. “Yang perlu kita tahu bahwa Lamongan saat ini menjadi tujuan investasi yang cukup menarik, bukan hanya karena potensi sumberdaya alamnya yang sebenarnya cukup menjanjikan jika dikelola dengan baik, namun juga SDM yang cukup prima. Saya juga akan terus mengajak kerjasama untuk terus menumbuhkan Lamongan, banyak potensi-potensi yang kita janjikan,” tambahnya.

Dalam pelantinkan ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPP APINDO Jatim Haryanto. Haryanto mengatakan bahwa APINDO harus menjadi mitra kerja pemerintah daerah. “APINDO harus menjadi mitra kerja pemerintah daerah dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi daerah, mendorong investasi untuk membuka usaha,” katanya.

Sedangkan Sardjono Ketua DPK APINDO Lamongan, mengatakan akan mendukung apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Lamongan. “Kami insyaallah pengurus APINDO akan mendukung semuanya yang dicita-citakan di Kabupaten Lamongan,” ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Perindag Moh. Zamroni melalui Kabag Prokopim Arif Bakhtiar, saat ini di Kabupaten Lamongan terdapat lebih dari 300.000 UMKM, sedangkan unuk IKM sebanyak 17.212 yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 36.913 orang dengan total investasi sebesar Rp. 628.881.800.000.

Sumber : Prokopim