November

23

 2021

Tekankan Peningkatan Pelayanan, Pak Yes Ungkap Esensi Abdi adalah Melayani


Pak Yes, panggilan Bupati Lamongan, terus menekankan kesiapan seluruh aparat pemerintah dalam berbagai hal, terutama dalam pelayanan masyarakat. Menurutnya ASN adalah abdi negara, abdi masyarakat, yang memiliki esensi melayani dan hadir ditengah-tengah masyarakat.

"Prinsipnya adalah pemerintah hadir. Tidak peduli dari dinas apa dari instansi yang mana kita adalah satu tim, satu tim yang kuat. Kita harus hadir di tengah masyarakat dan harus siap dalam segala hal. Siap apa? Siap dalam pelayanan publik. Kita tidak boleh semakin menurun, harus semakin meningkat. Kita tunjukan kepada masyarakat bahwa kita sebagai ASN yang memiliki fungsi melayani ini mampu melayani publik, melayani masyarakat dengan baik," kata pak Yes.

Ditambahkan Pak Yes, pelayanan yang baik ini perlu adanya turun tangan pemerintah yang hadir secara langsung ditengah masyarakat. Sebagai yang diberi amanah, maka setiap lini pemerintahan harus mampu melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Mumpung kita diberikan amanah ini, amanah menjadi pelayan masyarakat, mari kita gunakan sebaik-baiknya. Mari kita tinggalkan jejak yang baik. Kita berikan pelayanan yang terbaik untuk pelayanan masyarakat. Ini loh pelayanan publik yang baik. Kita kan abdi negara, abdi masyarakat, jadi esensinya abdi adalah melayani, bupati juga melayani, pelayan," kata Pak Yes.

Salah satu bentuk pemerintah hadir melayani masyarakat adalah dengan adanya Mall Pelayanan Publik (MPP) Lamongan yang diresmikan awal tahun 2021 ini, untuk mengupayakan pelayanan prima bagi masyarakat Kabupaten Lamongan. Berbagai inovasi dan kemudahan diciptakan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Pelayanan mulai dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Desa), Perbankan, hingga Kementerian dan Lembaga disatukan dalam satu tempat pelayanan ini. 

Tidak hanya memudahkan masyarakat dalam kepengurusan data, MPP Lamongan juga memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan perijinan. MPP Lamongan juga terus menciptakan inovasi-inovasi yang ditujukan untuk memudahkan pelayanan, salah satu inovasinya yakni kemudahan dalam pengurusan ijin usaha melalui OSS (Online Single Submission). 

Selain memberikan kemudahan ijin usaha, pelayanan MPP juga melakukan kegiatan jemput bola keliling ke daerah-daerah yang belum terakses internet untuk difasilitasi langsung di lokasi. Juga memberikan kemudahan dalam investasi yang segala teknisnya dapat dibahas dan diselesaikan di MPP Lamongan.

Selain bidang perijinan, pelayanan paling banyak diakses berdasarkan data di MPP yakni kepengurusan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Grafik pengunjung MPP terbanyak antara Senin atau Selasa, dan paling sedikit biasanya di hari Jum'at. Untuk hasil respon masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan di MPP Lamongan berada pada tingkat memuaskan.

Sumber : Prokopim

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES