Oktober 22

2021

Kembangkan Potensi Daerah, Pemkab Lamongan-Unair Bangun Kerjasama

Pemerintah Kabupaten Lamongan diwakili oleh Bupati Yuhronur Efendi mendatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan Universitas Airlangga (Unair) tentang Pembangunan Dearah dan Perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan, Jumat (22/10) di Ruang Command Center Pemkab Lamongan.

Kerja sama yang terjalin dimaksudkan untuk menyelaraskan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan program tri dharma perguruan tinggi serta program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dalam sambutanya, Bupati Yuhronur menyampaikan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki Lamongan perlu dukungan berbagai pihak sehingga kejayaan Lamongan yang berkeadilan dapat tercapai. "Saya selalu sampaikan bahwa pemkab ini tidak bisa berjalan sendiri untuk membuat pemerintahan yang adaptif dan dinamis. Kita pasti memerlukan elemen-elemen lain yang bersama-sama," ujarnya.

Melalui kerja sama itu, sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki kedua pihak diharapkan dapat ditingkatkan untuk mewujudkan visi dan misi masing-masing.

"Dalam konteks pentahelix, ada businessmen, komunitas, government, dan akademisi. Dalam kesempatan ini, Unair sebagai akademisi yang kita pilih kita ajak bersama. Semoga kerjasama ini bermanfaat bagi semua," tambahnya.

Kemudian, menurut Direktur sekolah pascasarjana Unair, Prof. Badri Munir Sukoco, mengatakan bahwa Lamongan memiliki kapabilitas untuk mencapai visinya menuju kejayaaan. "Jika tiga komponen ini learning, proses, dan culture bisa dilakukan secara simultan dan terus-menerus, insyaallah Lamongan akan mencapai kejayaan," katanya.

Acara yang sekaligus menjadi forum diskusi bertema "Lamongan Bangkit dan Megilan" tersebut dihadiri oleh Prof. Rudi Purwono (Wakil Direktur I Pascasarjana Unair), Prof. Fendy Suhariadi (Koordinator program studi pengembangan sumber daya manusia Unair), dan Prof. suparto Wijoyo (Wakil Direktur III Sekolah Pascasarjana Unair).