Oktober

12

 2021

Kesetaraan Gender Bagian Utama Strategi Pembangunan Lamongan

Komitmen Kabupaten Lamongan dalam mewujudkan kesetaraan gender menjadi perhatian utama pembangunan Lamongan, bahkan menjadi salah satu isu strategis di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  tahun 2021-2026.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengungkapkan, Indeks pemberdayan gender di Kabupaten Lamongan mencapai angka 73,93 persen. Ini berarti seluruh komponen gender, baik pemberdayaan perempuan dan disabilitas, serta perlindungan anak telah menerima perhatian utama sebagai aktor-aktor yang turut serta menggerakkan pembangunan Lamongan selama ini.

"Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ke-59 Kabupaten Lamongan, ini bersamaan pula dengan besok tanggal 13 Oktober Kabupaten Lamongan akan menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dalam pembangunan gender. Pencapaian tersebut merupakan apresiasi pemerintah pusat atas pembangunan gender di Lamongan yang telah dilaksanakan dengan baik, norma-norma kesetaraan gender dijalankan dengan baik pula," ungkap Bupati YES dalam acara Puncak Peringatan HUT GOW Ke-59 dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kabupaten Lamongan di Pendopo Lokatantra, Selasa (12/10). 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yes mengajak peran serta GOW berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk terus peningatkan kualitas pembangunan  yang dikembangkan dalam aspek pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, perlindungan perempuan dan pengembangan ekonomi.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam peningkatan kualitas pembangunan gender untuk menyongsong kejayaan Lamongan yang berkeadilan. Misalnya pada aspek pendidikan, para wanita, ibu-ibu bisa mendorong anak-anak untuk tidak putus sekolah. Kemudian aspek kesehatan, dalam rangka penurunan kemiskinan ekstrem bisa kita lakukan dengan pemanfaatan posyandu lansia. Di bidang ketenagakerjaan dapat memberikan bekal keterampilan soft skill dan hard skill agar perempuan tetep berdaya dan mandiri," imbuhnya.

Setelah melakukan pemotongan tumpeng penanda puncak acara HUT GOW Ke-59, Bupati Yes beserta Wakil Bupati Abdul Rouf, Ketua umum GOW Kabupaten Lamongan Narti Abdul Rouf, dan Ketua TP PKK Anis Yuhronur Efendi memberikan santunan kepada anak yatim dan IKM kurang berkembang.

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Lamongan

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES