September 08

2021

Vaksinasi Merdeka Serentak Bersama Rumah Ibadah dan Pondok Pesantren

Pemerintah berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi dengan target 70% warga negara bisa divaksin, sehingga kekebalan kelompok bisa dicapai. Salah satu langkah yang ditempuh adalah pencanangan vaksinasi merdeka, program ini serentak dilakukan di pondok pesantren, gereja, dan tempat ibadah di seluruh Indonesia, Selasa (7/9).

Di Kabupaten Lamongan, pelaksanaan vaksinasi merdeka serentak ini dilakukan di Pondok Pesantren Alfatiniah Paciran. Dosis vaksin yang disiapkan untuk disuntikkan hari ini sebanyak 700 vaksin. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Kapolres AKBP Miko Indrayana meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Diungkapkan Pak YES, pondok pesantren dipilih sebagai tempat sasaran vaksinasi seiring pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka. Selain itu, asrama atau tempat tinggal santri tentunya merupakan tempat yang membutuhkan banyak interaksi, sehingga kekebalan kelompok dianggap sangat penting untuk disegerakan.
“Khusus di Fatiniyah ini direncanakan 700 vaksin. Kenapa pondok pesantren dan tempat ibadah ini didahulukan, tentu ini seiring pelaksaan pembelajaran tatap muka, komunitas di sini banyak, sehingga kekebalan di asrama sangat dibutuhkan, karena interaksinya banyak, sehingga kesiapan untuk pesantren, tempat-tempat ibadah ini sangat penting. supaya penularan tidak semakin membesar,” ungkap Pak YES.
Disampaikan pula oleh Pak YES, kondisi Lamongan saat ini sudah semakin membaik. “Kondisi Lamongan sudah semakin membaik, kondisi tersebut atas partisipasi seluruh masyarakat. Masyarakat Lamongan alhamdulillah bisa bekerjasama dalam rangka memerangi covid ini. Vaksinasi sudah sekitar 457.673 yang sudah disuntikkan (dosis 1 dan 2), artinya hampir 50 persen. Kalau target 70 persen mudah-mudahan ini juga segera tercapai dengan baik,” tambah Pak YES.

Sumber Prokopim Setda Kabupaten Lamongan.