Agustus 20

2021

Transmisi Penularan Covid-19 Melandai, Bupati YES: Harus Tetap Waspada

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Lamongan berkontribusi besar terhadap penurunan tingkat penularan Covid-19 di Kabupaten Lamongan. Meskipun demikian, masyarakat tetap harus waspada dan menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati YES saat memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) terkait implementasi PPKM Level 4 dan branding Lamongan Megilan yang digelar secara virtual pada Jum’at, 20 Agustus 2021.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf. Sidik Wiyono, juga mengingatkan agar masyarakat jangan sampai lengah sekalipun tren penularan Covid-19 di Kabupaten Lamongan mengalami penurunan. Masyarakat diimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan pada 20 Agustus 2021, jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lamongan sebanyak 6.260 orang, jumlah kasus aktif sebanyak 220 orang, jumlah kumulatif yang sembuh sebanyak 5.639 orang, dan jumlah kumulatif korban yang meninggal karena Covid-19 sebanyak 401 orang. Sementara tingkat keterisian tempat tidur atau BOR (Bed Occupancy Rate) rumah sakit di wilayah Kabupaten Lamongan sebesar 12 persen. 

Berdasarkan peta zonasi Covid-19 di Kabupaten Lamongan yang juga dirilis oleh Dinkes Kabupaten Lamongan pada 15 Agustus 2021 yang lalu, satu kecamatan yakni Kecamatan Kalitengah berada pada zona hijau. Empat kecamatan berada pada zona oranye, yaitu Kecamatan Lamongan, Kecamatan Sukodadi, Kecamatan Sugio, dan Kecamatan Sambeng. Sementara 22 kecamatan lainnya berada pada zona kuning.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Lamongan, Taufik Hidayat, menyampaikan bahwa Dinkes Kabupaten Lamongan bersama Faskes/Puskesmas terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lamongan. Hal tersebut adalah untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang meminta untuk mempercepat vaksinasi bagi warga masyarakat.

Total sasaran vaksinasi di Kabupaten Lamongan sejumlah 1.063.543 orang. Per 20 Agustus 2021, sebanyak 195.070 orang telah menerima vaksin dosis ke-1, sedangkan yang telah menerima vaksin dosis ke-2 sebanyak 111.552 orang.