Agustus 17

2021

Bupati YES Launching "Lamongan Megilan", Logo City Branding Kabupaten Lamongan

Ada yang istimewa pada peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia kali ini bagi Kabupaten Lamongan. Selain memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia, hari ini, Selasa (17/8/2021), bertempat di Pendopo Lokatantra Bupati YES me-launching  "Lamongan Megilan" yang merupakan logo city branding Kabupaten Lamongan. 

Kegiatan peluncuran logo tersebut digelar secara terbatas dan dilakukan setelah mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Istana Merdeka.

Logo city branding "Lamongan Megilan" dimaksudkan untuk memberikan gambaran budaya, karakteristik, potensi, dan sejarah Kabupaten Lamongan. Logo ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan citra yang positif serta spesifik pada Kabupaten Lamongan, mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan, dan meningkatkan daya saing Kabupaten Lamongan. 

Selain itu, dalam sambutannya Bupati YES mengungkapkan bahwa logo city branding "Lamongan Megilan" tidak hanya sekadar logo, namun juga identitas resmi Kabupaten Lamongan. 

"City branding ini kita maksudkan sebagai strategi untuk memperkuat positioning Kabupaten Lamongan baik di regional maupun internasional dan tentu sebagai identitas resmi Kabupaten Lamongan untuk memasarkan terutama potensi pariwisata, budaya, dan produk-produk lokal Lamongan," ungkap Bupati YES.

Lomba cipta logo city branding Kabupaten Lamongan dilaksanakan pada 18 Mei 2021 sampai dengan 18 Juni 2021 yang lalu. Lomba ini diikuti oleh 164 peserta dari berbagai wilayah Indonesia. Total karya yang dinilai oleh tim juri dalam lomba ini sebanyak 174 karya. 

Lima orang juri dari berbagai latar belakang dilibatkan dalam lomba ini. Kelima juri tersebut adalah Adrian Perkasa (Dosen Leiden University Belanda), Nugrahardi Ramadhani (Dosen DKV ITS), Nazarudin (Koordinator Tim Grafis JTV), Miftah Alamudin (Disparbud Lamongan), dan Supriyo (Ketua Lesbumi Lamongan).

Sementara itu, Yusuf Niki Syahroni, pemenang logo city branding Kabupaten Lamongan, menyampaikan kesannya mengikuti lomba tersebut dan berharap dengan adanya logo "Lamongan Megilan" ini Kabupaten Lamongan semakin jaya dan istimewa di mata negara dan dunia.

"Kesannya sangat senang dan bangga karena bisa terpilih menjadi juara 1 dari total 174 karya, tentunya karya mereka juga bagus-bagus. Serta terima kasih buat dewan juri yang sangat profesional di bidangnya yang telah memilih karya saya. Dan sangat berterima kasih juga kepada orang nomor 1 di Lamongan Bapak Bupati Yuhronur Efendi yang telah menyelenggarakan kompetisi ini. Harapan saya dengan Logo "Lamongan Megilan""ini, Kabupaten Lamongan semakin jaya dan istimewa di mata negara dan dunia," ungkap Yusuf Niki Syahroni.

Untuk diketahui, logo "Lamongan Megilan" telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2021 tentang Logo City Branding Kabupaten Lamongan. Masyarakat dapat memanfaatkan logo tersebut baik dalam bentuk media cetak, media elektronik maupun media sosial yang tujuan pemanfaatannya adalah untuk mewujudkan kejayaan masyarakat Kabupaten Lamongan. Salinan digital logo city branding "Lamongan Megilan” dapat diunduh melalui pranala https://bit.ly/lamonganmegilan.