Agustus 13

2021

Jelang HUT Ke-60 Pramuka, Bupati Yuhronur Efendi Pimpin Upacara Ulang Janji

Praja Muda Karana (Pramuka) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Gerakan Kepanduan akan genap berusia 60 tahun pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Di Indonesia, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. 

Pada Jum'at sore, 13 Agustus 2021, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lamongan menggelar upacara Ulang Janji di halaman Sanggar Pramuka. Upacara Ulang Janji merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada malam menjelang tanggal 14 Agustus.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Lamongan, hadir di kegiatan tersebut dan bertindak sebagai pembina upacara. Dalam arahannya, bupati yang akrab disapa Pak YES itu mengajak anggota Pramuka untuk terus setia kepada Pramuka.

"Pramuka adalah jiwa, bupati adalah jabatan, sehingga Pramuka tidak boleh berhenti, bupati boleh berhenti, kepala dinas boleh berhenti tapi pramuka tidak boleh berhenti, karena yang boleh memberhentikan Pramuka hanyalah ketidaksetiaan terhadap jiwa itu sendiri," tutur Pak YES.

Selain itu, Pak YES juga mengajak anggota Pramuka untuk terus semangat dan inovatif meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19.

"Dirgahayu Pramuka ke-60, meski masih dalam situasi pandemi kita harus tetap semangat. Mari kita kembangkan generasi mendatang yang lebih baik dan lebih bagus lagi," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Pak YES juga menyerahkan hadiah kepada para anggota Pramuka yang berhasil menjuarai berbagai lomba yang diadakan oleh Kwarcab Kabupaten Lamongan.

Sebagai informasi, Gerakan Kepanduan juga terdapat di berbagai negara. Sebutan internasional untuk gerakan tersebut adalah Scouting atau Scout Movement.

Scout Movement dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris. Tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Tanggal tersebut merupakan hari lahir Robert Baden-Powell yang lahir di London pada 22 Februari 1857.

* Foto: Dok. Bagian Prokopim Setda Kab. Lamongan