Juli 30

2021

Kejar Vaksinasi Secara Masif Guna Ketercapaian Herd Immunity.


Target vaksin di Jawa Timur sebesar 70 persen dari jumlah masyarakat yakni 41 juta jiwa,  saat ini terus dikejar secara masif dengan berbagai program vaksinasi, termasuk program serbuan vaksinasi oleh TNI Polri. hal ini disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya yang diwakili oleh Kasdam Brigjen TNI Agus Setiawan  melakukan kunjungan kerja di Lamongan guna meninjau pelaksanaan vaksinasi dan Rutilahu (rumah tidak layak huni), bersama Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Kamis (29/7), didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kapolres AKBP Miko Indrayana, dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono.
"Kalau kita lihat capaian secara keseluruhan di provinsi Jawa Timur, Lamongan kalau tidak salah urutan 13, capaiannya sudah cukup bagus. Selain itu juga kita mencari capaian mobile yang dibentuk polda, satgas door to door mendatangi tempat-tempat yang susah untuk melakukan vaksinasi," kata Kasdam Agus.
Disampaikan pula oleh Kasdam Agus, target vaksinasi Jarim sebanyak 70 persen dari masyarakat Jatim yang berjumlah 41 juta, yakni 31,8 juta. Untuk saat ini vaksin dosis 1 baru mencapai 7,4 juta atau sekitar 23 persen, sedangkan dosis 2 mencapai 2,9 juta atau baru 9,2 persen.
Sementara itu Bupati Yuhronur Efendi juga sangat mendukung pelaksanaan serbuan vaksinasi ini. Ia menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Lamongan masih sekitar 16,6 persen, sehingga menurutnya harus terus dilakukan secara masif guna ketercapaian herd immunity.
"Yang penting bagaimana herd immunity ini bisa tercapai. Lamongan sendiri masih sekitar 16,6 persen untuk dosis 1. Sehingga ini harus terus kita kejar. Kita juga menyesuaikan dengan kondisi turunnya vaksin, tapi yang jelas kita sudah hampir 100 persen jika dibandingkan antara vaksin yang datang dan yang sudah kita salurkan. Saya kira kita bisa lah, sekali lagi ini tergantung juga dengan jumlah vaksin," jelas YES.