Juli 14

2021

TNI AL dan Pemprov Jatim Gelar Serbuan Vaksinasi di Wilayah Pantura Lamongan

TNI Angkatan Laut (AL) melalui Koarmada II bersama Pemprov Jatim menggelar kegiatan serbuan vaksinasi di enam titik di wilayah pantura Lamongan, Rabu (14/7/2021). Keenam titik tersebut adalah Kantor Desa Kemantren dengan target 700 orang, Ponpes Maslahul Huda Kandangsemangkon dengan target 300 orang, Kantor Desa Sedayu Lawas dengan target 400 orang, Kantor TPI/TPN Brondong dengan target 600 orang, Kantor Kecamatan Laren dengan target 500 orang, dan Kantor Kecamatan Karanggeneng dengan target 500 orang.

Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han)., Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Slamet Hadi Supraptoyo, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dan Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf serta pejabat terkait hadir secara langsung guna meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dalam keterangannya, Dr. Iwan Isnurwanto menjelaskan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi tersebut adalah bentuk tindak lanjut instruksi Presiden Jokowi dalam hal percepatan vaksinasi Covid-19.

"Menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi terkait percepatan vaksinasi Covid 19 di Indonesia, Kami dari TNI yang bersinergi dengan Polri serta Pemerintah Daerah untuk memenuhi target vaksinasi sebanyak 1.000.000 dosis per hari," jelas Dr. Iwan Isnurwanto.

Panglima Koarmada II juga mengungkapkan bahwa TNI Angkatan Laut siap dan turut aktif ambil bagian dalam mendukung upaya pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19.

"Kita berkomitmen berkontribusi siap mendukung tugas-tugas ke depannya, khususnya untuk masyarakat maritim pesisir pantai serta kepulauan yang susah dijangkau. Nantinya kita akan menggunakan kapal untuk menjangkau pulau-pulau tersebut," ungkap Dr. Iwan Isnurwanto.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa untuk mencapai herd immunity, Provinsi Jatim menargetkan 70 % penduduknya mendapatkan vaksin.

"Kita mengejar 70% penduduk Jatim tuntas divaksinasi dalam waktu dekat untuk mencapai herd immunity. Oleh karena itu kita Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan TNI dan Polri bersatu padu memadukan gerak langkah untuk melakukan percepatan vaksinasi,” ungkap Khofifah.

Khofifah juga menitipkan kepada Bupati Lamongan terkait vaksinasi Covid-19 untuk para pelajar SMP dan SMA serta pemberian dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan.

"Kepada Bupati Lamongan titip anak-anak SMP dan SMA yang akan dilakukan vaksinasi serta pemberian dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan. Para lansia juga agar segera dilakukan percepatan," kata perempuan pertama yang menjabat sebagai gubernur Jatim ini.

Di akhir keterangannya, Khofifah mengajak rumah sakit dan Forkopimda untuk terus berkoodinasi dalam hal penanganan pandemi Covid-19 ini.

Selain kegiatan serbuan vaksinasi, Koarmada II dan Pemprov Jatim juga memberikan bantuan kepada Pemkab Lamongan alat kesehatan berupa APD sebanyak 2.500 pcs, masker medis sebanyak 200.000 pcs, dan alat swab antigen sejumlah 2.500.