Mei 28

2021

SOSIALISASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iLAMONGAN

Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Sosialisasi Perpustakaan Digital iLamongan pada hari Jum’at, 28 Mei 2021 bertempat di Aula Cendekia Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan. Sosialisasi ini merupakan serangkaian acara launching i-Lamongan yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2021 di Pendopo Lokantantra Kabupaten Lamongan yang bertepatan dengan pelaksanaan Hari Jadi Lamongan.

Sosialisasi iLamongan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara ini dihadiri oleh kepala sekolah SD/MI, SMP, SMA se Kecamatan Lamongan, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Kementrian Agama Kabupaten Lamongan, Komunitas Forum Penulis dan Pegiat Literasi Lamongan (FP2L), Komunitas-komunitas Literasi Lamongan,  pejabat serta  staf di lingkungan Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.

Acara diawali dengan sambutan ketua panitia oleh kepala Bidang Pengolahan Bahan Pustaka dan Akuisisi Bahan Perpustakaan ibu Rara Ari Palupiningrum, SH. MM. dalam sambutannya beliau menyampaikan bila aplikasi iLamongan adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis android/gadget, aplikasi ini hasil kerjasama Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan dengan PT Aksara Maya Jakarta sebagai pengembang aplikasinya.  Terdapat  550 judul buku dan lebih dari 1.000 eksemplar ebook pada iLamongan, dengan berbagai macam subyek mulai dari buku pelajaran sekolah, buku anak, buku pengetahuan umum, fiksi dan sebagainya. Sosialisasi ini dimaksudkan agar perpustakaan digital iLamongan semakin dikenal masyarakat luas.

Selanjutnya Bapak Kandam, S.Pd. M.Pd. Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan menyampaikan, bila iLamongan sebagai komitmen Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan sebagai penyedia informasi dan sumber belajar masyarakat sepanjang hayat. Informasi yang disediakan tidak hanya dalam bentuk buku cetak tetapi juga buku elektronik (ebook). Seperti dimasa pademi covid-19, masyarakat bisa tetap mengakses informasi dan buku–buku yang mereka butuhkan melalui iLamongan. Tidak perlu datang ke perpustakaan daerah dan bisa langsung download aplikasi        i-Lamongan melalui playstore atau Appstore di android masing-masing.

Semoga kehadiran iLamongan mampu memberikan bahan bacaan yang berkualitas, lebih menghargai hak cipta penulis, membaca buku semakin mudah dan menyenangkan serta dapat  meningkatkan kegemaran dan budaya baca masyarakat Lamongan.  Acara sosialisasi ditutup dengan tutorial download iLamongan pada gadget masing-masing peserta, mendaftar untuk menjadi anggota serta cara peminjaman yang dipandu oleh pustakawan Perpustakaan Daerah Lamongan.