Juni 09

2021

MITIGASI DAMPAK COVID-19: ANTARA KEBANGKITAN UMKM DAN DAYA BELI MASYARAKAT

Skema mitigasi bagi para pelaku UMKM yang terdampak penyebaran covid-19, merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko dan membangun ketahanan untuk kembali bangkit di sektor ini.

Ditengah optimisme bangsa, terhadap kebangkitan perekonomian kita, pemerintah memberikan stimulus berbagai paket kebijakan yang memudahkan dan merangsang UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi, baik melalui mekanisme ekonomi maupun berupa bansos.

Sinyalemen tentang beberapa survai setelah skema mitigasi UMKM digelontorkan, memang terlihat ada perbaikan terhadap usaha mikro, setelah mendapat pertambahan modal untuk berusaha. Termasuk juga perbaikan yang terjadi disisi daya beli masyarakat melalui paket kebijakan pemerintah.

Peningkatan daya beli masyarakat berperan penting dalam usaha menjaga kelangsungan usaha mikro, kecil dan menengah. Kerentanan penurunan penjualan produk UMKM kunci pemulihannya adalah pada meningkatnya konsumsi masyarakat merupakan jalan untuk memulihkan perekonomian.

Oleh karena itu, pemerintah terus berkomitmen tetap menjaga daya beli dan permintaan dalam negeri melalui bansos dan subsidi masyarakat miskin dan rentan.

Selain itu, kita sepakat bahwa pemerintah menanggapi pandemi ini dengan langkah-langkah yang sudah tepat, tetapi dorongan dan partisipasi dari semua elemen masyarakat dengan saling bergotong royong untuk mencapai kondisi yang ideal bagi pertumbuhan ekonomi, perlu terus ditingkatkan.

Transformasi usaha-usaha informal masyarakat menjadi formal mendesak juga dilakukan untuk membuka usaha baru dan menyerap tenaga kerja serta menciptakan permintaan.